Camat Sakra Ingatkan Pemdes Harus Cermat Kelola Anggaran

0
159

SAKRA, Warta Rinjani—Camat Sakra, Lalu Putra mengingatkan jajaran pemerintah desa di wilayahnya agar cermat mengelola anggaran dana desa. Ini disampaikan pada saat melantik Sekretaris Desa Keselet, Rabu (29/1).

“Pemdes harus mampu melihat prioritas penganggaran dana desa,” ucapnya.

Kemampuan melihat dan mencermati hal-hal prioritas dalam mengalokasikan anggaran disebutnya sangat penting. Terlebih saat ini, tidak sedikit proposal masuk ke desa, terutama kegiatan-kegiatan yang bersifat kedesaan. 

Dengan banyaknya proposal yang masuk, ungkapnya, Pemdes harus mempelajari dan melihat celah yang ada. Jika proposal itu memiliki manfaat bagi desa hendaknya dibantu sesuai kemampuan dana desa.

Baca Juga  Pemprov NTB Ajak Masyarakat dan Influencer Dukung Sulis di LIDA 2021

Hanya saja, ia mengingatkan agar dalam proses penganggaran, pemerintah desa harus tetap berkoordinasi dengan BPD. “Misalnya, bisa saja di proposal diusulkan banyak, tapi realisasi 40 persen,” jelasnya.

Selain itu, ia menekankan juga kepada sekretaris desa yang baru dilantik agar jangan malu bertanya kepada kepala desa atau rekan sekerjanya. Ini penting agar menghindari kesalahan.

“Apalagi seretaris desa kita ini muda dan energik, harus berani belajar dan bertanya jangan tunggu hal yang matang atau hanya nunggu perintah baru jalan,” ucapnya. 

Selain anggaran, ia juga menyinggung masalah kesehatan yakni demam berdarah dengue (DBD). Ini disinggungnya lantaran sebelumnya Kecamatan Sakra pernah masuk dalam zona merah.

Baca Juga  Diduga Hasil Hubungan Gelap, Bayi Tak Berdosa Dibuang di Sungai Darmasari - Sikur

Namun, hasil koordinasi dengan pihak puskesmas belum lama ini, ada lima desa yang masih kategori suspek. Artinya sudah ada gejalanya. 

“Untuk itu, sebelum gejala itu timbul mari kita bersama-sama membersihkan lingkungan kita,” tandasnya. 

Selanjutnya salah tokoh pemuda desa Keselet, Abdul gafur berharap, dengan dilantiknya sekretaris desa baru hendaknya mampu memulihkan persepsi negatif masyarakat tentang Pemerintah Desa Keselet. Persepsi ini terutama pengelolaan dana desa yang dianggap kurang transparan.

“Pemdes agar lebih cermat melihat masalah prioritas. Selain itu haru memperjelas status kepengurusan kandang kolektif yg ada di desa,” ucapnya. (cr-pol)

Saipul Yakin/Warta Rinjani

LANTIK: Camat Sakra, Lalu Putra melantik Sekdes Keselet, Rabu (29/1).

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar