Darurat Bencana, Bupati Lotim Gelar Apel Gabungan

0
86

SELONG, Warta Rinjani—Datangnya musim hujan disertai cuaca ekstrem menjadi atensi serius pihak-pihak terkait. Bahkan, Bupati Lombok Timur, H Sukiman Azmy memimpin langsung apel gabungan untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana, Rabu (8/1).

Apel dilangsungkan di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah mengantisipasi darurat bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi di kabupaten Lombok Timur. 

Adapun peserta yang hadir dalam apel itu yakni, unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI), polisi serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebuat saja seoerti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP).

Baca Juga  Pemprov NTB dan BI Bersinergi Dorong UMKM Lokal Naik Kelas

Dalam sambutannya Bupati Lombok Timur, H. Sukiman Azmy menyampaikan bahwa, apel darurat bencana yang digelar merupakan rangkaian kesiagaan pemerintah daerah. Kesiagaan ini semata-mata dalam mengantisipasi bencana yang tidak diketahui kedatangannya.

“Bencana itu tidak pernah kita ketahui kapan datangnya sehingga lewat apel gabungan ini kita perlu antisipasi,” ucapnya.

Dalam mengantisipasi darurat bencana, lanjutnya, perlu disosialisasikan agar masyarakat bisa mengantisipasi bencana sejak dini. Karena itu, ia mengimbau agar tetap memberikan pemahaman kepada masyarakat yang memiliki rumah rangka baja untuk selalu mengantisipasi pemadaman listrik yang terjadi akibat bencana.

Baca Juga  Pemkab Lotim Beri Perhatian Kepada Honda Karena Dinilai Rentan

“Kita harus mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik sebab rumah rangka baja rawan terjadi sengatan listrik,” ucapnya.

Lebih jauh, Sukiman meminta supaya menyiapkan tempat pengungsian apabila terjadi bencana. Terutama di wilayah yang rawan bencana. 

“Jika semua sudah kita lakukan tinggal kita antisipasi saja agar tidak memakan korban,” tutupnya. (cr-yk)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar