Dasan Borok Terkenal karena Mural

0
210

SURALAGA, Warta Rinjani–Kampung Mural. Begitulah julukan yang disematkan kepada Desa Dasan Borok, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur (Lotim). Karena banyaknya mural yang dibuat di desa ini membuatnya terkenal dan viral lewat jejaring media sosial.

Ditemui Warta Rinjani, Sekretaris Desa Dasan Borok, Kecamatan Suralaga, Saika Nora mengatakan, awal dari julukan Kampung Mural tersematkan di desa ini lantaran atas inisiatif para pemuda setempat. Gerakan mural ini dilakukan untuk menghalau bantaran sungai di desa itu yang terlihat kumuh.

“Kebetulan di pinggir sungai ini banyak sampah, banyak bambu dan kelihatan seram. Ini sangat merusak kenyamanan, maka pemuda di sini mendesainnya dengan bagus. Ada tulisan yang indah serta kalimatnya bagus,” ucapnya, belum lama ini.

Baca Juga  Dituding Gelapkan Aset Partai H. Maidy : Saya Akan Lawan

Tak disangka, pinggiran sungai yang kelihatan kotor belakangan berubahmenjadi fantastis. Tidak sedikit warga dan setempat dan orang luar menjadikan mural-mural yang ada sebagai latar belakang swafoto.

“Sejak banyak yang berselfi di sini membuat kampung kami terkenal,” ujarnya.

Seiiring perjalanan waktu, jelasnya, kunjungan demi kunjungan terus berdatangan dari warga luar. Dari itu, pihak desa memberikan dorongan untuk para pemuda untuk berjualan di sekitar lokasi.

“Pemuda di sini menyambut arahan dari Pemdes dengan buka lapak jualan. Ternyata mereka bisa mendapatkan keuntungan, dan omset per hari satu orang bisa mendapat Rp 1 juta per malam,” jelasnya.

Baca Juga  Pasien Covid-19 Dirawat di RSUD Selong, Tersisa 6 Orang

Di sekitar lokasi mural, jelasnya, jumlah lapak yang tersedia sekitar untuk 50 orang. Lapak-lapak yang ada menjual berbagai makanan. Para pedagang ini berjualan mulai selesai Ashar sampai pukul 22.00 Wita.

Kampung Mural ini disebutnya terletak antara dua dusun. Di utaranya kekadusan Darul Muttaqin dan Tumbuh Mulia. Sementara di selatannya kekadusan Kali Ancar.

Kembali soal mural, lanjutnya, panjangnya sekitar 200 meter. Sejak adanya kampung mural ini rupanya membawa perubahan baru bagi pemuda untuk berkompetisi dengan desa-desa lainnya. (cr-sul)

Sulpi/Warta Rinjani

MURAL: Desa Dasan Borok terkenal karena mural yang diiniiasi para pemuda di desa itu.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar