Desa Kerumut Termotivasi Jadi Lumbung Pangan Lotim

0
622

PRINGGABAYA, Warta Rinjani–Tanah yang subur dan hasil pertanian yang berlimpah menjadikan Desa Kerumut sebagai salah satu lumbung pangan di Lombok Timur.

Kepala Desa Kerumut, Kamaludin mengatakan, desanya memiliki beberapa potensi yang dapat dikelola. Karena itu, segala daya dan inovasi dilakukan bersama-sama dengan masyarakatnya.

“Apa yang kami lakukan bersama masyarakat adalah untuk kemajuan bersama,” katanya, kepada Warta Rinjani, belum lama ini.

Ditopang SDA mumpuni, disamping SDM yang tersedia dan siap pakai, terangnya, Desa Kerumut mampu berkembang ke arah yang lebih baik. Tak heran jika kini desa tersebut menjadi salah satu desa harapan penyandang atau lumbung pangan di Gumi Patuh Karya.

Baca Juga  Pilkades Serentak di Lotim Akan Diikuti 122 Calon

Keseharian masyarakat di desa ini sebagian besar berprofesi sebagai bertani. Sebagian besar masyarakatnya menghabiskan waktu di sawah menanam padi, palawija dan sayuran. Kendati demikian, kini beberapa masyarakat mulai menggeluti usaha baru.

“Sejak dulu sebagian besar penghidupan masyarakat dari hasil pertanian. Tapi sekarang sudah ada dan banyak yang mulai menggeluti usaha lain,” jelasnya.

Sejak beberapa tahun lalu, secara perlahan Desa Kerumut mulai menggeluti dunia industri rumah tangga. Mulai dari industri pembuatan tahu dan tempe. Lewat sektor ini mampu menyerap tenaga kerja.

Baca Juga  Curanmor Modus Tebus Lagi Marak di Lotim, 7 Pelaku Diamankan

Untuk mendukung kreativitas masyarakatnya, Kamaludin melakukan berbagai kerjasama dengan sejumlah pihak. Langkah ini dilakukan untuk membantu memasarkan hasil pertanian, perkebunan dan industri.

Tidak sampai di sini, Pemdes Kerumur dipastikan terus berinovasi dengan memanfaatkan potensi alam yang ia miliki. Selanjutnya, pemerintah desa akan melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk menciptakan SDM yang lebih unggul.

Di tengah berbagai usaha yang dilakoni masyarakatnya, Kamaludin mengaku jika warganya masih terkendala soal pemasaran. Tak jarang petani menjual hasil pertanian mereka kepada tengkulak dengan harga yang relatif murah. (cr-hen)

Hendri Setiawan/Warta Rinjani

LUMBUNG PANGAN: Desa Kerumut terus bertekad menjadi desa lumbung pangan di Lotim.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar