Desa Leming Bentuk Pamdes

0
175

TERARA, Warta Rinjani – Kebaradaan air bersih sangat vital dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Demikian pula halnya di Desa Leming, Kecamatan Terara, Lombok Timur (Lotim).

Menyadari pentingnya kebutuhan air bagi warga, Pemerintah Desa Leming membentuk perusahaan air minum desa (Pamdes). Perusahaan ini dihajatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

“Hajat lainnya agar ada pendapatan desa dari Pamdes ini,” kata Kades Leming, H Ayunan, kepada Warta Rinjani, (16/1).

Kebaradaan Pamdes ini disebutnya sangat dirasakan kehadirannya oleh warga. Terlebih pada tahun 2019 kemarin masa musim kemarau terbilang jauh lebih lama dari tahun sebelumnya.

Ihwal dibentuknya Pamdes, jelasnya, lantaran pada musim kemarau kemarin kebutuhan air bersih sangat tinggi. Di lain sisi, sumber-sumber air bersih seperti sumur, banyak yang mengering.

Baca Juga  Polres Lotim Amankan Puluhan Preman

Sumber air Pamdes ini, terangnya, berasal dari sumur bor yang dibuat pemerintah desa. Sumur bor yang dibuat ini kedalamannya mencapai 80 meter.

“Dari Pamdes ini bisa memenuhi kebutuhan air bersih 350 KK di desa kita,” sambungnya.

Agar Pamdes ini dikelola dengan benar, pihak desa menyerahkan pengelolaannya kepada pengurus masjid. Dengan demikian, pendapatan yang dihasilkan tidak saja untuk pemasukan pendapatan desa, tapi juga untuk masjid.

Hanya saja, pengelolaan tersebut disebutnya tidak berlangsung lama. Kedepan pihaknya akan membuat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang akan menangani Pamdes tersebut.

Dengan dikelola Bumdes, diharapkan pelayanan Pamdes akan lebih maksimal. Di lain sisi, pengolaannya lebih profesional.

Baca Juga  Wagub NTB Minta Dukungan Akademisi Sukseskan Revitalisasi Posyandu

Sementara itu, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Leming, Subawai menjelaskan, keberadaan Pamdes ini sangat membantu warga. “Warga di sini bayar air per kubik dari pemakaian sehari-hari. Mereka membayar kisaran Rp. 30 ribu per bulan,” ujarnya.

Terpisah, pengakuan positif datang dari warga salah seorang warga. Pamdes ini dinilai sangat membantu warga dalam pemenuhan kebutuhan air bersih.

“Kami sangat bersyukur dengan inisiatif pemdes yang membuat Pamdes ini,” ucapnya Syamsul Hadi, warga Desa Leming. (cr-sul)

Berita dan Photo : Sulpi/Warta Rinjani

SANGAT MEMBANTU: Keberadaan Pamdes Leming sangat membantu kebutuhan air minum warga setempat, terutama saat musim kemarau.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar