Desa Pesanggrahan Kedatangan Mahasiswa KKN

0
75

Montong Gading, Warta Rinjani – Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur kembali didatangi mahasiswa KKN. Kali ini didatangi mahasiswa Universitas Mataram (Unram). Kepala Desa Pesanggrahan, H Badrun mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik mahasiswa yang datang KKN di desanya. Kedatangan mereka diharapkan bisa membawa perubahan di desa itu.

“Karena anak-anak ini adalah generasi milenial. Anak-anak kita ini punya banyak pengetahuan,” ungkapnya saat menyambut kehadiran mereka, Selasa (24/12).

Kehadiran mereka, ungkapnya, diharapkan bisa membawa kredit poin tersendiri. Mereka ini diharapkan bisa membenahi sistem pemerintahan desa dan sistem pengembangan desa. Lewat intervensi program dan pikiran mereka diharap akan muncul perubahan-perubahan. Terutama perubahan yang berorientasi untuk ekonomi masyarakat.

Ia menambahkan, dulu pernah ada mahasiswa KKN Unram membuat festival pengelolaan sumber air yang ada di desa itu. Festival diselenggarakan lanaran air di desa itu cukup melimpah. “Mereka mengajak warga membuat program pembibitan ikan. Alhamdulillah masyarakat di sini banyak yang memelihara ikan. Baik untuk dijual atau konsumsi sendiri,” paparnya

Sementara itu, Ketua KKN Unram Desa Pesanggrahan, Pradiptha Himawan Putra mengaku sangat responsif dengan dukungan dari pemerintah desa. Keberterimaan mereka dianggap sudah sangat baik. “Karena suatu program yang dilaksanakan di desa berjalan baik dan berhasil tida lepas dari dukungan dan motivatlsi desa teesebut,” jelasnya.

Selama berada di Desa Pesanggrahan, mahasiswa KKN ini akan mengambil fokus optimalisasi pemberdayaan potensi wisata. Salah satu yang akan ditonjolkan adalah konsep ekopark. Dalam implementasi konsep ekopark nanti, ujarnya, akan menanam bibit pohon untuk penghijauan yang melibatkan masyarakat, pemerintah desa dan ada juga dari dinas terkait.

Program lain yang akan digawangi yakni smart hot education. Program ini nantinya mahasiswa memberikan pendidikan masalah wisata dan lingkungan kepada siswa-siswi mulai dari SD-SMA. (cr-sul).

Photo : Sulpi/Warta Rinjani
HARAPAN BARU: Mahasiswa kelompok KKN Desa Pesanggrahan disambut Pemdes setempat untuk melaksanakan program yang akan dibawanya.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar