Desa Rarang Selatan Juara II Nasional Implementasi SID

0
120

TERARA, Warta Rinjani—Prestasi membanggakan baru saja disabet Pemerintah Desa Rarang Selatan, Kecamatan Terara, Lombok Timur (Lotim). Desa ini didapuk menjadi desa peraih juara 2 nasional dalam bidang implementasi Sistem Informasi Desa (SID).

Kepala Desa Rarang Selatan, Mariyun menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur dengan prestasi yang diraihnya ini. Penghargaan sebagai pemenang nasional diraihnya saat berada di acara Munas Open Desa Tingkat Nasional, di Padang Panjang Sumatra Selatan.

Kegiatan itu disebutnya berlangsung pada 11- 12 Januari 2020 kemarin. Rarang Selatan diundang mewakili Lombok Timur terkait SID yang diterapkan.

Baca Juga  Wagub NTB Minta Dukungan Akademisi Sukseskan Revitalisasi Posyandu

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Desa Rarang Selatan Muhammad SPd mengatakan, dalam musyarwah desa itu disebutnya membahas bagaimana kelanjutan program prioritas tahun 2020-2022. Selain itu, pihaknya bersama desa yang lain membentuk pengurus baru pusat Sistem Informasi Desa (SID).

“Di sana kita membahas program prioritas dan bentuk pengurus baru tentang SID itu sendiri. Karena program SID ini kalau tidak ada tindak lanjutnya, maka itu tidak mungkin bisa berhasil,” jelasnya, Selasa (21/1).

Baca Juga  Berdayakan Ekonomi Mustahiq, Baznas Lotim Gandeng Instansi Pemerintah

Saat berada di lokasi Munas, terangnya, masing-masing desa minta presentase masalah penerapan Sistem Informasi Desa (SID). Dari proses itu, pihaknya menyodorkan sebuah file yang berisi profil desa, bentuk-bentuk pelayanan seperti adminduk, perizinan, pendidikan serta yang lain-lainnya.

Keluarnya Desa Rarang Selatan sebagai juara lantaran dianggap memiliki pelayanan SID terbaik. Sebagai buah dari prestasi itu, pihaknya mendapat uang pembinaan dan piagam penghargaan.(cr-sul)

Berita dan Photo : Sulpi/Warta Rinjani
Berita Photo “JUARA” Pemdes Rarang Selatan keluar sebagai juara 2 nasional di bidang SID.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar