Desa Setanggor Antusias Bangun Perekonomian Warga

1
259
MENGGELIAT: Pertumbuhan ekonomi warga desa Setanggor terus menunjukan peningkatan seiring pembangunan ekonomi dan membaiknya tingkat pendidikan warga setempat.

SUKAMULIA, Warta Rinjani—Tumbuh kembangnya aktivitas kerajinan di Desa setanggor menjadi nilai tersendiri bagi desa tersebut. Dari aktivitas kerajinan warganya, bisa mendongkrak perekonomian desa sedikit demi sedikit.

Sekretaris Desa Setanggor, Ahmad Turmuzi mengatakan, potensi desa ini cukup banyak, salah satunya adalah kerajinan warga. Semua potensi yang ada diakomodir dalam Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang telah dibentuk pihak desa.

“Itu yang kita lakukan untuk memfasilitasi warga memasarkan produknya,” ucapnya kepada Warta Rinjani, belum lama ini.

Terhadap semua potensi warga desa, ia memastikan akan mengelolanya secara baik dan lebih maksimal oleh Bumdes yang ada. Untuk pemasaran di Bumdes tersebut, pihak desa akan membangun ruko.

Baca Juga  Rekruitmen BPPD Tidak Transparan, DPRD Lotim Bakal Panggil Dispar

Lewat ruko yang dibangun, Bumdes tidak saja menjual hasil kerajinan warga, tapi juga akan membuat grosiran barang-barang kebutuhan warga sehari-hari seperti sembako. 

Saat ini, jelasnya, Bumdes di desa itu mengelola BRI-Link. Selain itu, Bumdes juga menyediakan jasa foto copy dan penjualan alat tulis kantor.

Demi memaksimalkan pertumbuhan ekonomi desa, lanjutnya, pihaknya tidak saja menggenjot pendapatan lewat Bumdes. Hal lain yang dilakukan yakni membangun saluran irigasi, perbaikan jalan lingkungan dan pembukaan jalan antar dusun serta yang lainnya.

Baca Juga  PT GTI dan Pemprov NTB Sepakati Pokok-Pokok Addendum Kontrak Perjanjian Produksi

Desa yang mempunyai jumlah penduduk sekitar 2.561 dan terdiri dari 853 kepala keluarga ini dari sisi perekonomian terus mengalami pertumbuhan. Dari tahun ke tahun, selalu ada perubahan yang tampak di desa itu.Pertumbuhan ekonomi desa ini, jelasnya, beriringan dengan semakin bagusnya tingkat pendidikan warga. Kedepan, ia berharap agar perekonomian desa ini terus menunjukan kemajuan yang positif. (sul)

1 KOMENTAR

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar