Desa Tebaban Sediakan Pupuk dan Obat untuk Warga

1
162

SURALAGA, Warta Rinjani–Desa Tebaban Kecamatan Suralaga Lombok Timur tahun ini akan menyediakan pupuk dan obat-obatan bagi petani setempat. Langkah ini diambil lantaran sebagian besar warga di desa ini merupakan petani.

“Ada sekitar Rp 120 juta yang akan kita sediakan lewat dana desa (DD) merealisasikan rencana itu,” kata Kades Tebaban, Masyhuri, kepada Warta Rinjani, Sabtu (15/2).

Dianggarkan pupuk dan obat tanaman pada tahun 2020 ini karena pihak desa melihat masyarakatnya hampir semuanya sebagai petani.

Baca Juga  Hari Donor Darah se Dunia : UTD Dapat Mensuplai Kebutuhan Darah di Lotim

Belajar dari kasus sebelumnya, terangnya, di Desa Tebaban sempat terjadi kelangkaan pupuk dan obat-obatan. Buntutnya, harga dua jenis barang itu melejit dan memusingkan warga.

Kondisi seperti itu, imbuhnya, tidak boleh terjadi lagi di masyarakat. Para petani harus mendapatkan akses pupuk dan obat-obatan dengan mudah.

Demi merealisasikan gagasan itu, Masyhuri memastikan dalam waktu dekat akan menggelar rapat. Dalam pertemuan itu, salah satu yang dibahas adalah penyediaan tempat penyimpanan dua barang tersebut.

Baca Juga  Bunda Niken Tegaskan PKK NTB Siap Menjadi Organisasi Modern

Pupuk dan obat-obatan yang akan disediakan pihak desa, tegasnya, dipastikan harganya jauh lebih murah. Ini karena niat penyediaan pupuk dan obat-obatan itu tidak melulu berorientasi bisnis.

Sementara itu, dari sejumlah petani yang ditemui media ini mengaku gembira dengan rencana tersebut. Rata-rata berharap keterbatasan pupuk dan obat-obatan bisa teratasi.

“Itu yang sangat kita harapkan,” ucap Muroqib, salah satu petani di desa itu. (cr-sul)

Sulpi/Warta Rinjani

Foto: Masyhuri SAg

1 KOMENTAR

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar