Desa Tumbuh Mulia Manfaatkan Pamsimas untuk Pamdes

0
391

SURALAGA, Warta Rinjani—Air merupakan kebutuhan dasar bagi semua manusia. Menyadari kebutuhan itu Desa Tumbuh Mulia, Kecamatan Suralaga terus melakukan terobosan dan solusi untuk mengatasi ketersediaan air bagi masyarakatnya.

Kepala Desa Tumbuh Mulia, Mawarlan MSi mengatakan, saat musim kemarau kemarin, banyak sumur warga yang airnya tidak layak konsumsi. Melihat kondisi tersebut, pihak desa mengusulkan program pamsimas untuk pamdes.

“Mulai bulan kemarin Pamsimas dengan pengelolaan sistem Pamdes sudah beroperasi. Kita sudah mengalirkan airnya ke semua dusun dan masyarakat sudah bisa merasakannya,” ujarnya, Senin (10/2).

Baca Juga  SDN 04 Medas Jadi Sekolah Plastik Blok Pertama di Dunia

Untuk tahap awal, jelasnya, pamdes yang dikelola desa ini baru dinikmati sekitar 260 KK. Bagi masyarakat yang belum merasakan, dipastikan akan tuntas tahun ini juga.

Mawarlan mengatakan, Pamdes sudah lama diidamkan dan sudah terealisasi melalui Pamsimas. Syarat dapat program pamsimas harus disertai dengan membuat sanitasi.

“Dan kemarin sudah juga dibuatkan sanitasinya. Nah dengan hadirnya Pamdes ini, maka beban kita untuk kebutuhan air warga bisa teratasi,” ujarnya.

Keberadaan pamdes, jelasnya, bertujuan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat terhadap kebutuhan air. Kedepan, pihak desa akan membuat depot air yang akan disuplai ke warung sekitar.

Baca Juga  Tahun 2021, Posyandu Keluarga Ditarget 100 Persen

Sementara itu, Fasilitator Pamsimas II Kabupaten, Reni Pebriani, merespon baik terhadap langkah pemdes. Lewat pamdes ini kebutuhan air bersih warga disebutnya dapat teratasi.

“Kades Mawarlan, sangat tanggap dengan kebutuhan air warganya,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dengan adanya Pamsimas di desa maka bisa menyukseskan program pusat. Yaitu 0 persen rumah kumuh dan 100 persen layak sanitasi.

“Inilah salah satu program pusat yang didukung oleh Desa Tumbuh Mulia dan kemarin tahun 2019 satu-satunya desa yang mendukung PJM (Program Jambanisasi Nasional),” jelasnya. (cr-sul)

Sulpi/Warta Rinjani

AIR BERSIH: Warga Desa Tumbuh Mulia saat ini sudah bisa mendapat akses air bersih lewat program Pamsimas.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar