Dikeluhkan Orang Tua, Ijazah K-13 Madrasah Mulai Dibagi

0
139

SELONG, Warta Rinjani – Keresahan orang tua siswa terjawab, setelah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Timur menyerahkan Ijazah Tahun Ajaran 2018-2019.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Lombok Timur, Zainul Arqam, SPd mengatakan, sejatinya kesalahan pengisian blanko ijazah K-13 itu berasal dari pihak siswa dan madrasah bersangkutan. Ada 1.010 blanko ijazah yang tidak bisa diakses itu disebutnya murni kesalahan madrasah.

” Seharusnya pihak siswa dan madrasah meng-klik K-13. Namun mereka malah klik 2006. Sehingga terjadi kesalahan prosedur pengiriman pengisian data,” ucapnya, Rabu (22/1).

Ada juga siswa yang tidak meng-klik data yang diwajibkan untuk diisi. Kalau tidak terisi, maka secara otomatis berpindah ke 2006. Zainul Arqam juga telah meminta kepada seluruh madrasah mengambil blanko ijazah K-13 yang masih tersisa. Hingga saat ini, sebagian besar blanko ijazah tersebut telah terdistribusi ke seluruh madrasah yang mengalami kesalahan dalam meng-input data.

Meski demikian, Zainul Arqam berjanji kedepan tidak akan ada lagi kesalahan yang dilakukan oleh pihak siswa dan madrasah. Ia juga mengaku bahwa sistem pendidikan madrasah kini telah berkembang dan tidak kalah dibanding sekolah negeri lainnya. Kelompok Siswa Madrasah (KSM) malah bisa mengukir prestasi.

“Madrasah swasta kini beda dengan sebelumnya. Pendidikan madrasah mulai berbenah dan mampu bersaing dengan madrasah negeri atau sekolah negeri lainnya di NTB. Buktinya, salah satu Madrasah Aliyah (MA) di Tampih, Sakra Barat, mewakili NTB di tingkat nasional dalam lomba sains,” ungkapnya.

Meski tidak meraih hasil maksimal, sebuah kebanggaan tersendiri sekolah swasta bisa bersaing di tingkat nasional. (dy)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar