Dilantik, Perangkat Desa Lendang Belo Diminta Maksimal

0
170

MONTONG GADING, Warta Rinjani – Perangkat desa Lendang Belo, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur (Lotim) dilantik, Rabu (15/1).

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Timur, Agus Nasri meminta segenap perangkat desa bekerja maksimal melayani masyarakat. Permintaan ini disebutnya tidak lain demi kemajuan desa.

“Hal ini sangat penting karena tidak mungkin kepala desa bekerja sendirian,” ucapnya, saat melantik jajaran Kades Lendang Belo.

Masyarakat mengharapkan kinerja perangkat desa yang baik. Para perangkat desa diharapkan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Dalam perjalanan pemerintahan desa kedepan, Ia tak lupa mengingatkan kades terpilih. Bagi perangkat desa yang tidak bekerja sesuai tupoksinya, hendaknya ditegur.

Agus juga meminta segenap warga Desa Lendang Belo membantu kades terpilih agar bekerja dengan baik. Warga disebutnya berhak meminta kades memberhentikan perangkat desa yang tidak bekerja dengan baik.

Baca Juga  Pemkab Loteng Fasilitasi Dekranasda dan LASQI

“Sekarang kita dengar ada istliah Desa Membangun, jadi peran serta dari seluruh masyarakat sangat diharapakan,” jelasnya.

Perangkat desa, lanjutnya, memiliki hak yang mirip dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II A. Karena itu, ia mengajak agar perangkat desa pandai-pandai bersyukur.

“Kita tahu perangkat desa digaji. Apabila sakit akan dibiayai oleh pemerintah dan mendapatkan uang pensiun. Mulai saat ini tidak ada lagi perangkat desa merangkap jabatan biar fokus melayani masyarakat,” jelasnya.

Menyinggung permasalahan yang terjadi di Desa Lendang Belo terkait konflik dua hari terakhir, Agus menyatakan, permasalahan itu hanya dinamika. Ia berharap agar kejadian itu jangan sampai terulang kembali.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar bersabar saat ada masalah dan memberikan kesempatan kepada desa bekerja. “Terkait dengan permasalahan kemarin, kepala desa tidak ada hak dalam bantuan rumah tahan gempa. Yang berhak adalah aplikator dan fasilitor. Karena itu, masyarakat harus bersabar, biarkan kepala desa bekerja dulu,” jelasnya.

Baca Juga  Dikes Lotim Usulkan Tambahan Tenaga Honda

Sementara itu, Camat Montong Gading, H Suwardi mengajak semua elemen di desa itu sama-sama bekerja membangun desa. Tugas itu disebutnya merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan secara jujur.

“Perangkat desa yang dilantik hari ini untuk membantu kepala desa. Baik dalam pemerintahan dan pembangunan desa,” ucapnya.

Lebih jauh Suwardi mengajak perangkat desa untuk saling bahu-membahu membangun desa demi generasi yang lebih baik. “Jangan setelah dilantik perangkat desa tidak masuk kantor dan mengakibatkan layanan kepada masyarakat terganggu,” tegasnya. (cr-yk)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar