Dinas Perindustrian Lotim Telah Kantongi Tiga Izin UPT

0
74

LOMBOK TIMUR – Sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, Dinas Perindustrian Lombok Timur sudah mengantongi tiga izin Unit Pelayanan Tekhnis (UPT) dari kementerian. Diantaranya UPT Logam, UPT Garam dan UPT Kopi.

Kepala Dinas Perindustrian Lotim, H. Mohammad Zainuddin menyatakan, dari tiga UPT tereebut hanya kopi khas sembalun yang masih menunggu nomenklatur atau penamaannya untuk dibuat.

“Kalau di kementerian kita sudah ready, bahwa itu adalah UPT kita,” terang Zainuddin, kepada wartawan Senin, (19/4).

Baca Juga  Wagub NTB Apresiasi KKI Dukung Pembukaan Prodi Dokter Spesialis UNRAM

Adapun untuk diwilayah Keruak, ia menyebutkan sudah memiliki alat atau mesin untuk mengolah garam biasa menjadi garam yodium. Namun disisi lain, ia juga tidak bisa mengelak bahwa masih kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Seperti halnya dengan UPT Logam, banyak ahli yang spesifik pada pengolahan logam. Akan tetapi, belum ada tenaga teknis yang menangani mesin tersebut.

“Hanya belum keliatan saja, bukannya tidak ada. Karena ini OPD baru juga, bisa saja SDM-nya belum bermunculan.” katanya.

Baca Juga  Bappenas RI Siap Bantu Kembangkan STIPark NTB dan Gesa Pembangunan Smelter

Di Lotim sendiri, sudah begitu banyak industri yang berjalan, hanya saja belum terakomodir. Adapun Industri Kecil Mikro (IKM) di Lotim saat ini berjumlah 148.000. Belum lagi yang tidak terdaftar.

“Artinya disetiap rumah itu ada industri. Hanya saja belum terakomodir,” tutupnya. (wr-sid)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar