Diskop Lotim Kembali Usulkan Penerima Banpres UMKM

0
122

LOMBOK TIMUR – Minat masyarakat yang mengusulkan sebagai penerima Bantuan Presiden (Banpres) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok Timur cukup tinggi. Dengan keterbatasan anggaran, hanya sebagian pengusul yang memperoleh bantuan tersebut.

Sementara masih banyak masyarakat yang belum tersentuh untuk mendapatkan Bantuan tahun lalu. Tentu saja, tak membuat Dinas Koperasi (Diskop) Lombok Timur untuk tidak menerima pengusul baru.

Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Diskop Lotim, Yunus. S. Sos menyatakan, pembukaan pendaftaran Banpres di Diskop tetap dibuka untuk gelombang 2021. Ia mengatakan, untuk penerimaan administrasi pengajuan bantuan oleh UMKM tersebut dibuka hingga tanggal 26 April ini.

Baca Juga  Kapolda NTB : Lotim Patut Dicontoh Daerah Lain di NTB

Banyaknya lembaga pengusul bantuan menimbulkan kesimpangsiuran masalah data. Diskop Lotim menjadi pengusul tunggal ditahun ini sedikit kerepotan.

“Ditahun ini, hanya Diskop yang ditetapkan sebagai pengusul tunggal,” terang Yunus kepada wartawan, Selasa, (20/4).

Berdasarkan data tahun lalu, jumlah penerima yang diusulkan mencapai 52.702 pengusul. Hanya 14.000 lebih yang terealisasi.

Dengan kondisi itu tentunya masih banyak pengusul bantuan Banpres ini yang belum tersentuh.

Baca Juga  Masyarakat dan Investasi Harus Menemukan Win-Win Solution

Banyaknya usulan yang belum mendapatkan bantuan Banpres tahun lalu, membuat Diskop Lotim lebih memprioritaskan pengusul yang belum mendapatkan bantuan untuk tahun ini.

Berdasarkan aturan Pemerintah Pusat (Pempus), jumlah bantuan yang diterima ditahun ini setengah dari jumlah tahun lalu, yakni Rp. 1.2 Juta.

“Pengurangan ini diperkirakan akibat banyaknya jumlah penerima dan menyesuaikan kondisi anggaran pemerintah,” tandasnya. (wr-sid)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar