Dua Kawil Rumbuk Terpilih dengan Nilai Memuaskan

0
154
Kawil Tanak Gadang terpilih, M Rosidi (Sulpi/Warta Rinjani)

SAKRA, Warta Rinjani—Proses pemilihan perangkat desa kepala wilayah (kawil) di Desa Rumbuk Kecamatan Sakra berjalan lancar dan aman. Proses pemilihan kawil dilaksanakan berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya yang dipilih oleh rakyat secara langsung.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Penjaringan Kawil Desa Rumbuk, H Samsul Hadi SPd mengatakan, undang-undang yang berlaku saat ini menuntut adanya model pemilihan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Dulu, kawil dipilih oleh rakyat langsung, sekarang dipilih oleh pansel melalui proses seleksi.

” Kawil itu sekarang dipilih melalui tes. Tesnya di sini berupa tes tulis dan wawancara dan soalnya itu langsung dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lotim dan tidak dipilih secara langsung,” jelasnya, kepada Warta Rinjani, Kamis (20/2).

Baca Juga  Terkait Penarikan Retribusi Pantai Suryawangi, Camat Labuhan Haji : Itu Bukan Pungli

Kegiatan tes dan wawancara secara bertahap sudah digelar. Dalam proses seleksi itu ditinjau langsung tim pengawasnya dari Dinas PMD Lombok Timur, tim fasilitator kecamatan dan kepolisian.
“Dengan ketiga unsur itu sudah mewakili. Baik dalam pengawasan terhadap kelancaran Pansel serta kerahasiaan soalnya,” terangnya.

Dalam proses ini sebutnya, pihaknya tidak ikut intervensi terhadap hasil yang dimiliki para peserta. Tim pansel juga disebutnya tidak berhak meloloskan peserta yang tidak layak.

Ia memastikan, selama proses penjaringan akan mengedepankan asas ketebukaan. Pihaknya juga tidak akan memihak salah satu calon. Apakah itu karena keluarga atau unsur lainnya.

Beberapa peserta yang ikut tes dalam seleksi pansel itu, jelasnya, yakni M Fikri Rosidi dan Dody Arya untuk Kawil Tanah Gadang. Sementara untuk Agus Satriawan, Sahabudin dan  Saipul Rahman untuk Kawil Pancoran Baru II.

Baca Juga  Gubernur NTB Ajukan Pengembangan Geopark Tambora ke Menparekraf. Bang Sandi : 'Kami Siap Support'

“Kelima calon Kawil ini yang ikut dan bisa menunjukkan hasilnya dari hasil tes mereka. Hanya dua orang diambil untuk menjadi Kawil,” jelasnya.

Setelah berlangsungnya tes tulis dan wawancara katanya, hasilnya terdapat hanya dua orang calon yang nilainya tertinggi. Masing-masing M Fikri Rosidi dengan nilai 150 dan Agus Satriawan memperoleh nilai 152,9. Keduanya secara otomatis lulus.

Sementara itu, Kepala Desa Rumbuk, Suhirman saat dimintai keterangan mengungkapkan, ia mengaku bangga kepada Pansel yang sudah selesai dengan tugasnya. Pihak pemdes disbutnya tidak pernah intervensi dengan hasil tes calon Kawil tersebut.

“Siapa yang terpilih itu sudah kehendak Allah Swt dan Insyaallah bulan Maret kita melantik dan membuatkan SK,” ujarnya. (sul)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar