Genggelang Terobsesi Bangun Pasar Desa

0
144
Kepala Desa Genggelang, Sugianto. (FOTO: Saipul Yakin/Warta Rinjani)

SAKRA TIMUR, Warta Rinjani—Demi meningkatkan sumber pendapatan, Desa Genggelang Kecamatan Sakra Timur, Lombok Timur (Lotim) berencana membangun pasar desa. Rencana ini digagas lantaran hingga kini belum ada pasar di desa itu.

“Harapan kita dengan dibangunnya pasar akan semakin meningkatkan pendapat desa,” ucap Kepala Desa Genggelang, Sugianto, kepada Warta Rinjani, belum lama ini.

Di pasar desa yang akan dibangun, terangnya, paling tidak transaksi ekonomi hasil-hasil produksi warga bisa tersalurkan. Perputaran fiskal di desa disebutnya akan relatif lebih stabil.

Di desa ini, uajrnya, sangat banyak hasil produksi warga yang perlu terserap oleh pasar. Hasil produksi tersebut terutama berupa hasil pertanian.

Baca Juga  Wagub NTB Minta Dukungan Akademisi Sukseskan Revitalisasi Posyandu

Selama ini, terangnya, sumber utama pendapatan desa berasal dari tanah pecatu. Di lain sisi, jumlah pendapatan yang dihasilkan disebutnya tidak sebanding dengan tuntutan pembangunan desa.

Warga Desa Genggelang, sebagian besar menggantungkan pendapatannya dari sektor pertanian. Meski demikian, sudah ada geliat aktivitas perekonomian yang menggarap sektor kreatif.

“Warga kita sudah ada yang melakukan budidaya jamur tiram, bebek petelur dan sablon. Proses budidaya ini perlu dimassifkan agar hasilnya signifikan,” imbuhnya.

Agar hasil produksi itu terserap, pihaknya mengaku sangat terobsesi dengan adanya pasar desa.

Baca Juga  Dikes Lotim Usulkan Tambahan Tenaga Honda

Selama memimpin desa ini, kata Sugianto, beragam pembangunan sudah diupayakan. Pada tahun 2019 mislanya, pihak desa telah mengalokasikan Rp 2 miliar lebih untuk membangun segala bentuk sarana dan prasarana.

Tak hanya pasar, pihak desa juga berencana membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Di Bumdes ini nantinya direncanakan akan membuat kandang kolektif untuk warga.

“Nanti sapinya kita beli langsung menggunakan dana desa,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Karang Taruna, Sahrul Yazid Robbani mengatakan, saat ini Gelanggang sudah semakin maju, terutama dibidang ekonomi. 

Banyaknya kreativitas masyarakat dan pembinaan dari pemdes disebutnya sebagai salah satu stimulan yang merangsang kemajuan tersebut.

“Tapi ini belum seberapa. Saya berharap Desa Gelanggang mandiri secara ekonomi. Terutama semoga SDM nya semakin maju,” tandasnya. (cr-pol)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar