Gerakkan Sejuta Pohon Selamatkan Bumi

0
258

MATARAM, Warta Rinjani – Gerakan penanaman sejuta pohon yang digagas Kapolda NTB Irjend. Pol Drs . Tomsi Tohir, M.Si dilaksanakan di Desa Giritembesi, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Jum’at (10/1).

Kapolda NTB menyatakan bahwa penanaman sejuta pohon dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk NTB, luas lahan yang dihijaukan mencapai 283.700 M2 dan jumlah pohon yang ditanam 3.865 pohon.

Kapolda NTB Irjend. Drs. Pol. Tomsi Tohir didampingi Waka Polda NTB beserta jajaran Muspida Kobar dan Anggota TNI-Polri serta masyarakat sekitar 400 orang  menegaskan bahwa  upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi. Karena, bumi saat ini menghadapi beberapa ancaman global yang serius, seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global dan kepunahan. Hal lain yang menghantui seperti hilangnya beberapa jenis flora fauna, kebakaran lahan dan hutan ledakan penduduk dan sebagainya.

Baca Juga  Polres Lotim Gelar Upacara Sertijab Perwira

Dia menambahkan, permasalahan yang menjadi perhatian dunia adalah perubahan iklim dan pemanasan global. Dampak yang paling jelas adalah makin panjangnya musim panas dan makin pendeknya musin hujan. Mengingat dampaknya yang begitu luas maka perlu komitmen seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengatasi pemanasan global.

“Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan banyak melakukan penanaman pohon yang mampu menyerap kadar CO2 atmosfer, juga pohon bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan, menyuburkan tanah,” jelas Kapolda NTB mengingatkan.

Selain itu, peran pemerintah termasuk institusi Polri, sesuai perintah langsung Kapolri agar seluruh jajaran melakukan penanaman pohon turut melaksanakan program rehabilitasi hutan dan lahan. Di samping itu harus mendukung daerah dalam budidaya menanam pohon dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Baca Juga  Kadis Kominfotik NTB Targetkan 100 Persen Badan Publik NTB Informatif

“Seluruh personil polri dan keluarganya agar melakukan penanaman pohon di mako dan asrama Polri, agar program penanaman pohon berhasil dan membawa dampak positif sehingga akan dirasakan oleh anak cucu kita,” pintanya.

Kapolda NTB berharap, personil Polri membantu menyadarkan masyarakat pentingnya memelihara lingkungan. Membangun kebiasaan menanam menjadi kebutuhan berkelanjutan yang merupakan gerakan nyata seluruh komponen bangsa guna mendukung program hijau. (dy)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar