Gereneng Timur Wakili Kecamatan Sakti Lomba Desa

0
204

SAKRA TIMUR, Warta Rinjani—Perlombaan desa tingkat Kabupaten Lombok Timur sebentar lagi akan digelar. Mewakili Kecamatan Sakra Timur (Sakti), Desa Gereneng Timur didapuk turut unjuk gigi.

“Sebelum ke medan lomba, kami selaku pemerintah kecamatan akan mempersiapkan segala sesuatunya,” kata, Sekretaris Camat Sakra Timur, M Anwar, Kamis (30/1).

Ia mengatakan, kegiatan lomba desa tahun 2020 akan digelar selama satu bulan. Yakni minggu kedua bulan Februari sampai dengan minggu kedua Maret mendatang.

Namun, sebelum lomba tersebut digelar perlu ada pembekalan dari jajaran Muspika Sakra Timur ke desa yang akan mengikuti lomba. Tujuannya agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ia menyebutkan, panduan lomba desa dari pemerintah sudah ada. Panduan ini dianggap penting agar apa yang diminta nanti ketika lomba pemdes tidak kelabakan. 

Baca Juga  Kapolda NTB : Lotim Patut Dicontoh Daerah Lain di NTB

Tahun 2020 ini, jelasnya, yang kan mengikuti lomba sesuai dengan kesepakatan adalah Desa Greneng Timur. 

“Sudah disepakati tadi dengan berbagai pertimbangan yang akan mewakili lomba di tingkat kabupaten adalah Desa Gereng Timur,” ucapnya. 

Selanjutnya, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Sakra Timur, Saipul Hadi mengatakan, dalam pelaksanaan perlombaan desa seperti pengalaman tahun sebelumnya. Dalam lomba ini, yang akan dinilai dan harus disiapkan ada 5 aspek. Yakni data sarana prasarana, gedung, kelengkapan pelayanan kantor, kotak pengaduan, buku administrasi semua bidan, peta wilayah desa, peta batas desa dan semua strategi unggulan di desa, sruktur perangkat desa, pembinaan kemasyarakatan disertai dokumentasi.

Baca Juga  DPRD Setujui Dua Perda Pemkab Lotim Untuk Ditetapkan

“Kalau itu ada dan bisa dipresentasikan dengan baik, maka Insyaallah dapat keluar sebagai juara,” ucapnya. 

Salah seorang perwakilan Pemdes Greneng Timur, Zulkifli mengatakan, tujuan ia menerima tawaran menjadi tuan rumah perlombaan desa agar Pemdes dan masyarakat setempat bisa menunjukkan kepada Pemerintah Kecamatan maupun Pemda Kabupaten Lotim bahwa Pemdes Greneng Timur sekarang sudah jauh lebih maju.

“Sudah bisa sejajar kemajuannya dengan desa-desa yang lain,” ucapnya.

Selanjutnya terkait pembentukan panitia lomba di tingkat Pemdes sampai sekarang belum dibentuk panitia. Pembentukan panitia disebutnya masih menunggu instruksi dari kecamatan,” tandasnya. (cr-pol)

Berita & Photo : Saipul Yakin/Warta Rinjani
Berita Photo : “KOORDINASI” Jajaran pemerintah Kecamatan Sakra Timur dan Pemdes Greneng Timur berkoordinasi terkait ditunjuknya desa itu sebagai peserta lomba desa.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar