Hijaukan Utara, Bupati Sukiman juga Minta Selatan

0
80

PRINGGABAYAWarta Rinjani ­­– Terhitung sebanyak 6.035 pohon yang ditanam PT Bentoel Group di Bukit Perigi, Rabu (15/1). Penanaman pohon ini disebut sebagai upaya pelestarian yang dilakukan oleh perusahaan rokok tersebut.

Jajaran Komisaris PT. Bentoel Group, Edi Abdurrahman mengatakan, ditanamnya 6.035 pohon ini punya makna tersendiri. Angka 6 disebutnya lantaran perusahaan ini sudah enam kali menggelar kegiatan penanaman.

“Angka 0 ini berarti PT. Bentoel pernah tidak menanam sama sekali selama dua tahun berturut-turut,” ujarnya.

Absennya PT Bentoel melakukan penanaman selama dua tahun lantaran open tembakau tidak lagi menggunakan kayu melainkan cangkang kemiri. Sementara, angka 3 diambil dari tiga unsur alam, yaitu air, api dan udara. Sementara angka 5 yang berarti taat kepada Pancasila sebagai dasar negara.

Mendengar pemaparan Edi Abdurrahman, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy mengatakan, potensi alam di daerah yang dipimpinnya bukan hanya Bukit Perigi saja. Kedepan, kegiatan penanaman pohon juga harus dilakukan di wilayah selatan Lombok Timur.

Baca Juga  Selain Somasi, ASITA Lotim Minta Rekrutmen BPPD Lotim, Diulang

Tak hanya meminta menghijaukan wilayah selatan, Bupati Sukiman juga meminta kepada Gubernur NTB membantu Lotim dari sisi penerangan di pedesaan. Ia berharap gubernur memperhatikan masyarakat Lotim, khususnya desa yang belum dialiri listrik.

“Bapak gubernur, kita di desa ini masih banyak yang menggunakan lampu teplok yang bahan bakarnya menggunakan jarak dan minyak tanah. Kami berharap kedepannya agar bisa diterangi listrik,” ucapnya.

Tak lupa, Bupati Lotim mengajak masyarakat Perigi sama-sama menjaga kelestarian alam dan menghargai setiap bantuan yang diberikan. Dalam hal ini bupati mengajak masyarakat tidak menebang pohon sembarang.

Terhadap permintaan Bupati Sukiman, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifliansyah berjanji, dalam waktu dekat akan memberikan penerangan kepada desa yang belum dialiri listrik. Janji ini disebutnya berlaku juga untuk Desa Perigi sendiri.

Baca Juga  Bahas PDAM, LSM LIRA -Anggota Komisi III, Bersitegang

“Penerangan listrik di desa nanti akan kita informasikan PLN agar segera dialirkan ke desa yang belum dialiri listrik,” ucapnya.

Gubernur juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat setempat agar memelihara alam demi masa depan anak cucu. Dirinya juga mengajak kepada masyarakat memelihara 6.035 pohon yang disumbangkan PT. Bentoel.

“Menanam pohon sama artinya dengan menanam masa depan generasi,” ucapnya. (cr-hen)

Photo dan Berita : Hendri Setiawan/Warta Rinjani
Keterangan Photo : “SIMBOLIS” Komisaris PT Bentoel, Edi Abdurrahman bersama Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy dan Gubernur NTB, Dr. H Zulkieflimeansyah menanam pohon di Bukit Perigi secara simbolis.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar