Jangkau Layanan Terjauh, Puskesmas Sakra Bentuk Perkemas

0
174

SAKRA, Warta Rinjani – Salah satu hak dasar manusia adalah kesehatan. Untuk tahu hak dasar tersebut terpenuhi atau tidak, maka perlu tenaga medis turun langsung ke masyarakat.

Puskesmas Sakra, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur, melalui Keperawatan Kesehatan Masyrakat (Perkesmas) terus melakukan pendampingan di lapangan.

“Kami tim perkesmas setiap bulannya turun ke masyarakat untuk melakukan pendampingan di masyarakat mengenai kesehatan,” ungkap Koordinator Perkesmas Sakra, Nurhayani, Senin (30/12).

Ia mengatakan, Perkesmas Sakra lansung turun ke desa dan dusun-dusun untuk melakukan pendampingan. Perkesmas sendiri berjumlah 10 orang, dan menyebar ke 72 titik setiap bulannya.

Perkesmas mendampingi pasien yang tidak bisa dibawa ke puskesmas umtuk berobat yakni para lansia dan masyarakat atau pasien yang parah.

“Di Kecamatan Sakra penyakit yang paling banyak kita temukan adalah kencing manis dan stroke. Bahkan, untuk kedua penyakit ini hampir kita temukan di semua desa,” jelasnya.

Penyakit yang paling dominan yang ditemukan terutama storke ringan sampai dengan stroke berat. Angka persentase penderita penyakit ini sampai 30 persen yang menyebar si masyarakat.

Khusus pasien atau msyarakat yang mengidap stroke, pendampingan dilakukan melalui room movemotion (pelatihan rentan gerak). Dengan pedampingan ini, pasien bisa memenuhi kebutuhan pribadinya seperti makan, minum, dan lain sebagainya.

Nurhayani menjelaskan, terhadap pasien yang mengalami stroke selain memberikan pendampingan juga memberikan terapi-terapi khusus. Tujuannya agar, pasien bisa sehat.

“Selain pendampingan kami dari Perkesmas juga melakukan terapi khusus yang tentunya dilakukan oleh ahlinya. Dengan harapan pasien bisa sehat seperti sediakala,” ucapnya.

Dikatakannya, kedepan Perkesmas akan terus melakukan pendampingan terhadap masyarakat. Agar, kebutuhan dasar khususnya kesehatan diri bisa terpenuhi.

Terpisah, keluarga salah satu pasien stroke, Inaq Fitroh mengatakan, perawat dari puskesmas Sakra setiap bulan turun melihat perkembangan kesehatan. Saat turun, mereka memberikan perlakuan dan saran-saran.

“Perawat dari puskesmas Sakra setiap bulan turun untuk lihat perkembangan kesehatan ibu kami. Setiap kali turun selalu melakukan tindakan sehingga ibu kami merasa terjaga dan tidak susah membawa berobat ke puskesmas setiap bulannya,” tandasnya. (cr-pol)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar