Kadis Dikbud Wacanakan Sekolah Budaya

0
77

SELONG, Warta Rinjani – Budaya dan tradisi adat istiadat di masyarakat semakin hari makin tergerus akibat perkembangan zaman serta kemajuan teknologi informasi. Kondisi ini menjadi atensi untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur.

Kepala Dinas Dikbud Lotim, M. Zainudin S.Ag menyatakan, sangat penting dibuat sekolah budaya. Langkah ini penting untuk mengembangkan budaya lokal yang terintegrasi dengan budaya nasional. “Karena memang dinas kami ini tidak saja mebawahi pendidikan, tapi juga kebudayaan,” ucapnya, Jumat (3/1).

Antara pendidikan dan kebudayaan, jelasnya, harus seimbang. Karena itu, berbagai program yang bersentuhan dengan kebudayaan terus digalakkan pihaknya. Lewat sekolah budaya yang diwacanakan ini, diharapkan menjadi salah satu upaya dalam pengembangan karakter pelajar. Terlebih pendidikan budaya selama ini tidak bertentangan dengan nilai keagamaan.

Terpisah, salah satu pegiat budaya Sasak, Rustam mengatakan, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan Dikbud dalam wacana pembuatan sekolah budaya. Sebab kebudayaan dinilai penting dan harus dikenal melalui pembelajaran semua pihak. “Kami mendukung pemerintah membuat dan mengembangkan sekolah budaya agar budaya bisa dikenal oleh generasi kita,” jelasnya. (cr-yk)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar