Kantor Desa Gunung Malang Masih Berupa Huntara

0
53

PRINGGABAYA, Warta Rinjani – Kondisi Gedung Kantor Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur hingga kini masih belum memadai. Terhitung sejak 2018 lalu, pelayanan masyarakat masih dalam bangunan hunian sementara (huntara).

Kepala Desa Gunung Malang, Nurlan mengungkapkan, bangunan huntara yang ditempati desa saat ini dibangun secara gotong royong bersama masyarakat. Gedung ini akan terus ditempati sementara menunggu adanya biaya renovasi gedung.

“Hingga saat ini desa baru dapat membeli tanah lokasi pembangunan kantor desa. Sementara itu untuk membangun secara permanen belum cukup anggaran,” ucapnya kepada Warta Rinjani, belum lama ini. 

Lebih lanjut, Nurlan menjelaskan, anggaran dana desa masih tidak cukup untuk membangun gedung. Ia dan masyarakat berencana membangun gedung kantor desa secara swadaya. namun, Nurlan berfikir, ia tidak ingin membebani masyarakatnya lebih berat.

Baca Juga  Pemprov NTB Siap Sukseskan Migrasi TV Analog ke TV Digital

“Begini kondisi gedung kita sementara sejak 2018 lalu. Kita blm bisa renovasi secara permanen. Gedung huntara ini kita swadaya bersama masyarakat, karena tidak ada biaya. Dana desa ada, cuma blum cukup kecuali digunakan sepenuhnya untuk membangun. Sementara kita bisa beli tanah tempat bangunan kantor desa,” sambungnya.

Senada, dikatakan Sekretaris Desa Gunung Malang, Mohammad Hafifudin, pelayanan sejak setahun yang lalu dilaksanakan di huntara. Kendati demikian, pelayanan kepada masyarakat tidak pernah terganggu.

“Kondisi gedung ini demikian. Alhamdulilah pelayanan tetap kami utamakan,” jelasnya.

Dijelaskan, anggaran dana desa yang dimiliki belum cukup untuk membangun. Hanya saja, jika kondisi gedung pelayanan kantor desa tetap dalam kondisi demikian, pelayanan lambat laun akan terganggu.

Baca Juga  Hari Donor Darah se Dunia : UTD Dapat Mensuplai Kebutuhan Darah di Lotim

Selain itu, Hafif khawatir angin besar dan hujan lebat bisa menyapu kantor desa. Kekhawatirannya ini cukup beralasan. Mengingat kondisi huntara yang ditempati dalam kondisi kurang baik.

Ia berharap, ada perhatian pemerintah daerah membantu pembangunan gedung kantor desa. Meskipun tak dikucurkan dana, ia berharap ada rekomendasi Bupati Lombok Timur terhadap ADD yang dimiliki. Sebab dengan ditambah ADD dipastikan kantor desa bisa terbangun.

“Saya khawatir, dengan kondisi kantor desa seperti ini jika angin besar dan hujan lebat tidak dapat bertahan,” tandasnya. (cr-hen)

Berita dan Photo : Hendri Setiawan/Warta Rinjani
Berita Photo : “Hunian Sementara” Kondisi bangunan gedung Kantor Desa Gunung Malang yang masih menempati huntara.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar