Karang Taruna ‘Kumbang’ Gelar Pelatihan Kerja

0
109

Masbagik, Warta Rinjani – Keahlian dan ketrampilan dibutuhkan dalam upaya memasuki dunia kerja. Menghadapi era globalisasi, pencari kerja diharuskan memiliki skill.

Mengantisipasi kebutuhan itu, Karang Taruna Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur bekerja sama dengan Lokasi Latihan Kerja (LLK) Lombok Timur menggelar Pelatihan Keterampilan Kerja bidang pengelasan Sabtu, (21/12).

Peserta yang ikut dalam pelatihan tersebut berjumlah 12 orang yaitu dari unsur pemuda Karang Taruna dan masyarakat. Badan Pengurus Harian (BPH) Karang Taruna Desa Kumbang M.Zainnudin menyebutkan, pelatihan keterampilan kerja yang digelar, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan skill dalam bidang pengelasan kepada pemuda dan masyarakat agar siap menghadapi dunia kerja.

“Kita bekali mereka agar memiliki skill untuk menghadapi tantangan dunia kerja saat ini,” katanya.

Pelatihan yang dilakukan Karang Taruna kumbang ini adalah lebih banyak mengarah ke praktik bukan teori. “Kalau teori hanya sehari dan praktiknya dilakukan selama 9 hari,” jelasnya.

Ia berharap, peserta yang ikut pelatihan tersebut bersungguh-sungguh dalam menerima materi dan praktiknya. Sebab kedepan diharapkan mampu menguasai dan bisa melatih pemuda-pemuda yang lainnya.

Baca Juga  Pemprov NTB Dukung Feodara di Kompetisi Putri Batik Remaja Nasional

Instruktur pelatihan, Roni Puspa Diwijaya, ST, memaparkan praktek yang dilakukan adalah mengacu kepada teknik pembuatan, pemotongan sampai barang tersebut jadi.

“Kita melatih peserta ini dari tidak bisa sampai mereka bisa, makanya kita pakai hard skillnya 75 persen dan soft skillnya 25 persen,” paparnya.

Baca Juga  Milestone Industri Baru Pencucian Sarang Walet di NTB

Sementara itu, salah satu peseta pelatihan Kohar mengaku senang mengikuti pelatihan terrsebut. Selain mendapat ilmu dan sertifikat, Ia juga mendapat teknik pembuatan yang bisa dimanfaatkan dikemudian hari dan berguna untuk diri sendiri dan masyarakat.

“Saya merasa senang mengikuti pelatihan ini, karena selain mendapat ilmu kami juga diberikan sertifikatnya,” tandasnya. (cr-yk).

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar