Kawasan Penyangga KEK Mandalika Miskin Ide

0
292

JEROWARU, Warta Rinjani—Perkembangan daerah penyangga Kawan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika seperti di bagian selatan Lombok Timur dinilai belum ada progres signifikan. Kondisi ini berbanding terbalik dengan progres KEK Mandalika yang sebentar lagi rampung.

“Namun kita di selatan sebagai penyangga KEK Mandalika belum bisa apa-apa,” kata Ketua Pokdarwis Ekas Buana Gemilang, Abdul Kasim, Senin sore (3/1).

Sebagai penyangga KEK Mandalika, jelasnya, seharusnya tahun ini sudah ada ide-ide segar menyambut tahun 2021. Dimana pada tahun itu akan dihelat MotoGP perdana.

Setahun disebutnya bukan lah waktu yang lama untuk membangun kegiatan ekonomi. Karena itu, perlu ide-ide segar untuk membangun ekonomi, terutama bagaimna menggerakannya.

Baca Juga  Pemprov NTB Ajak Masyarakat dan Influencer Dukung Sulis di LIDA 2021

Menurutnya, pekerjaan rumah yang paling besar adalah membangun sumber daya manusia (SDM). Padahal sumber daya alam kawasan selatan Lotim memiliki daya tarik yang luar biasa.

Ia pun tidak menampik adanya kemajuan yang mulai terlihat dari sisi infrastruktur di kawasan ini. Pertumbuhan tersebut tidak serta merta dibarengi kemampuan sumber daya manusia yang andal.

Dalam pengelolaan wisata misalnya. Pengelolaannya dinilai masih stagnan sampai saat ini. Pengembangannya dianggap masih fokus pada spot foto lokasi dan belum mengarah pada terobosan yang lain, terutama pada peningkatan SDM dan pengelolaan wisata.

Baca Juga  Dituding Gelapkan Aset Partai H. Maidy : Saya Akan Lawan

“Tapi sepertinya kita miskin ide, atau memang kita tidak siap untuk menyambut perhelatan internasional ini. Terutama kita yang sudah ditetapkan menjadi penyangga KEK Mandalika ini,” terangnya. 

Terpisah, salah seorang perangkat Desa Ekas Buana, Zainal Abidin mengakui, belum ada pembahasan terkait dengan persiapan ataupun pembangunan menjadi penyangga KEK Mandlika. Bukan hanya di Desa Ekas, tapi juga di semua desa di selatan Lotim.

“Belum ada pembahasan dari Pemdes, apalagi program. Itu belum ada,” tegasnya. (cr-pol)
#
Berita & Foto : Saipul Yakin/Warta Rinjani
Berita Foto : “EKSOTIK” Kawasan penyangga KEK Mandalika di Lombok Timur bagian selatan memiliki pemandangan yang eksotis.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar