Kecamatan Jerowaru Siap Jadi Penyangga KEK Mandalika

0
168

JEROWARU, Warta Rinjani – Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah membawa angin segar untuk Kecamatan Jerowaru dan Keruak. Menyambut hal itu, Kecamatan Jerowaru dipastikan siap menjadi wilayah penyangga.

Sekretaris Desa Pemongkong, Mukmin mengatakan, ia menyambut baik rencana pemerintah menjadikan Kecamatan Jerowaru sebagai salah satu desa penyangga KEK Mandalika.

“Kami menyambut baik rencana pemerintah menjadikan kecamatan Jerowaru sebagai salah satu kecamatan penyangga KEK Mandalika,” ucap Mukmin, Senin (30/12).

Terpilihnya Jerowaru menjadi angin segar bagi daerah selatan Lombok Timur. Pasalnya, daerah selatan baru-baru ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat.

Desa yang termasuk dalam radar hanya ada empat. Yakni Desa Pemongkong, Desa Pare Mas, Desa Ketapang Raya, dan Desa Jerowaru.
Menyambut hal tersebut, kata Mukmin, pihaknya merumuskan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama. BUMDes ini nanti akan menjadi wadah bagi ke empat desa.

Mukmin, menjelaskan, BUMDes bersama ini, sebantar lagi rampung. Sudah beberapa kali bertemu dengan keempat desa bersangkutan. “Tinggal pembahasan pengurus saja, sebentar lagi rampung dan action saja,” ucapnya.

Ia mengatakan, wilayah selatan ini penting untuk diperhatikan. Dilihat secara geografis, selatan ini sangat menunjang sekali bagi kegiatan di KEK Mandalika. Bahkan, tahun 2021 ini balap motor GP sudah mulai.
Dengan adanya lintas balapan dan bahkan akan digunakan untuk balap pada tahun 2022, para tamu asing akan mencari tempat berlibur.

Dijadikannya Kecamatan Jerowaru sebagai penyangga, juga akan berdampak pada semua sektor. Maka pemerintah dari tingkat desa sampai pusat harus bersinergi dalam membangun kawasan selatan ini. Pembangunan itu berupa pembagungunan infrastruktur pendukungnya.

Masuknya Kecamatan Jerowaru sebagai penyangga KEK berarti secara otomatis desa yang ada di Jerowaru masuk pada Kawasaan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN). “Maka dibutuhkan sinergitas semua elemen untuk ikut terlibat, ” ucapnya.

Secara terpisah seorang Peneliti di Lombok Reasearch Center (LRC), Hasan Gauk mengatakan, ia sangat mendukung Kecamatan Jerowaru sebagai salah satu penyangga KEK Mandalika. Kawasan selatan ini akan menjadi maju, karena memiliki alam yang indah.

“Namun yang menjadi catatan penting adalah Pemda harus selektif dalam memberikan investasi bagi pengusaha. Agar, tanah di selatan tidak hanya menjadi bahan jualan, karena sampai hari ini tidak ada pembangunan. Selatan juga secara SDM siap bersaing,” tandasnya. (cr-pol)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar