Kelurahan Rakam Kupas Masalah Lingkungan Lewat Musrembang

0
157

SELONG, Warta Rinjani–Kelurahan Rakam, Kecamatan Selong, Lombok Timur (Lotim) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Kamis (23/1). Kegiatan ini guna mendorong perencanaan pembangunan partisipatif berkelanjutan.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menyusun perencanaan pembangunan yang dimulai dari bawah (bottom up). Sehingga arah kebijakan pembangunan benar-benar menyerap aspirasi masyarakat dari bawah,” ungkap Lurah Rakam, Lalu Ridho Arindi, saat membuka seremoni kegiatan Musrenbang.

Selama proses musrenbang berjalan, jelasnya, didapati banyak usulan masyarakat. Di Lingkungan Bagek Longgek Barat misalnya, warga berharap kegiatan di masa datang lebih mengarah kepada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Suara lain yang masuk yakni, pembangunan jalan lingkar kelurahan dan jembatan penghubung ke lingkungan agar bisa terkoneksi satu sama lain. Ada pula usulan dari TP PKK Kelurahan Rakam. Mereka menginginkan kegiatan pelatihan bagi masyarakat berupa menjahit dan pengembangan anyaman yang sudah dirintis sebelumnya.

Baca Juga  Dituding Gelapkan Aset Partai H. Maidy : Saya Akan Lawan

Lalu Ridho mengaku bersyukur dengan banyaknya aspirasi yang masuk dalam Musrenbang tersebut. Banyaknya aspirasi tertsebut menandai kran berpendapat di wilayah yang dipimpinnya terkanalisasi dengan baik.

Di sela-sela banyaknya aspirasi itu, ia memaparkan bahwa tahun 2019 kemarin Kelurahan Rakam tercatat sebagai satu-satunya kelurahan ramah anak. Meski begitu, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dituntaskan agar kelurahan tersebut lebih ramah lagi terhadap anak-anak.

Ia juga memaparkan terkait masalah lingkungan. Kelurahan Rakam disebutnya naik peringkat dalam pengelolaan pemukiman yang lebih bersih. Peringkat ini diketahui dari laporan fasilitator program Kotaku.

“Semula Kelurahan Rakam ini berada di flag 2, tapi sekarang sudah berada di flag 1,” jelasnya.

Dengan kenaikan peringkat ini, pihaknya berharap sedikit demi sedikit Kelurahan Rakam mampu mengalami penurunan lingkungan kumuh. Karena itu, fokus pihaknya bagaimana menciptakan rasa aman dan masyarakat sejahtera melalui beberapa program unggulan.

Baca Juga  Pemprov NTB Ajak Masyarakat dan Influencer Dukung Sulis di LIDA 2021

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Azro’i mengatakan, PR keluruhan saat ini yakni dari beberapa pergantian lurah adalah pembukaan jalan yang menghubungkan Pancor Manis dengan Bagek Longgek Barat.

Jika jalan ini dibuka, akses masyarakat akan semakin mudah.

“Karena kalau mau ke Bagek Longgek atau ke Pancor Manis harus keliling dulu dari Denggen. Padahal jika dibuka jalan ini akan sangat strategis dan bisa jadi jalan alternatif bagi masyarakat, terutama para petani dan pedagang akan semakin mudah menempuh pasar,” jelasnya. 

Karena itu, ia berharap agar pembukaan jalan yang menghubungkan dua desa pemerintahan itu bisa terealisasi. Dengan demikian, peningkatan ekonomi di tengah-tengah masyarakat akan semakin nampak. (cr-pol)

Berita & Photo : Saipul Yakin/Warta Rinjani
Berita Photo : “MUSRENBANG” Pemerintah Kelurahan Rakam menggelar Musrenbang untuk menyerap aspirasi yang berkembang terkait agenda-agenda kera di masa datang.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar