Kemajuan Bumdes Tunas Maju Setanggor Sangat Signifikan

0
212

SUKAMULIA, Warta Rinjani—Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Setanggor, Kecamatan Sukamulia Lombok Timur dirikan sejak setahun lalu. Namun demikian, keberadaan Bumdes ini progresnya sangat signifikan.

Bendahara Bumdes Setanggor Sukirman mengatakan, Bumdes yang dikelolanya ini sudah berjalan satu tahun. Namun demikian, Bumdes ini sudah mampu memfasilitasi apa kebutuhan masyarakat.

“Kita sudah bisa memudahkan mereka terkait hal-hal yang bersifat keuangan,” ucapnya, senin (3/2).

Kebaradaan Bumdes ini, jelasnya, sebagai jawaban suara atau keluhan dari masyarakat.  Diharapkan dengan hadirnya Bumdes ini bisa membantu masyarakat terutama kebutuhan mereka yang sifatnya sehari-hari dan mendesak. Sebut saja seperti sembako dan lain sebagainya.

Bumdes ini juga disebutnya mengelola BRI Link, Waserba, simpan pinjam, ATK dan mesin foto copy serta penyewaan aula GOR desa untuk Badminton. Khusus BRI Link, pihaknya menerima transfer uang dan tarik tunai.

Baca Juga  Bappenas RI Siap Bantu Kembangkan STIPark NTB dan Gesa Pembangunan Smelter

Dalam proses kerjanya disebut bekerjasama dengan Dinas Sosial untuk BPNT, termasuk pula untuk penarikan uang PKH. Sedangkan untuk foto copy dan ATK sangat membantu masyarakat, terutama anak-anak yang sekolah.

“Ini supaya tidak terlalu jauh pergi foto copy dan mencari kebutuhan alat belajar serta kebutuhan Sekolahnya, ada juga Waserba (Warung serba ada) stok untuk beras dan kebutuhan pokok masyarakat,” jelasnya.

Sukirman menjelaskan, Bumdes ini sudah mau satu tahun berjalan dan dana awal yang digelontorkan pemerintah desa sebesar Rp. 100 juta. Rencananya tahun ini Pemdes akan memberikan suntikan dana sebesar Rp 150 juta.

Baca Juga  Kini, Lotim Sudah Berstatus Zona Oranye

“Karena dilihat kemarin oleh Pemdes, pemasukan ke desa saja sekitar Rp 3.217.000 dari Bumdes ini. Sehingga desa mau tambah lagi modalnya dan yang lainnya agar pendapatan untuk desa makin meningkat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Setanggor, Muhammad Syafari mendukung penuh Bumdes ini. Tahun 2020 ini pihaknya memastikan akan mendukung adanya tambah modal.

“Karena belum satu tahun Bumdes ini sudah mampu memberikan untuk pendapatan desa sekitar Rp. 3.217.000 pada akhir tahun kemarin,” ucapnya singkat. (cr-sul)

Berita & Photo : Sulpi/Warta Rinjani
Berita Photo : “LANCAR” Usaha bisnis yang dijalankan Bumdes Setanggor sudah cukup lancar meski baru diinisiasi setahun lalu.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar