Kini, Siskudes Dapat Dioperasikan Melalui Aplikasi Android

0
133

Suralaga, Warta Rinjani – Guna meningkatkan kapasitas perangkat desa, Pemdes Gerung Permai menggelar Pelatihan Sistem Keuangan Desa (SISKUDES) di aula kantor Desa Gerung Permai, Sabtu (21/12).

Kepala Seksi PMD Kecamatan Suralaga, Lalu Ahmad, mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa.

Lalu Ahmad mengapresiasi sikap perangkat desa yang cepat dan tanggap memulai kegiatan ini lebih awal dari desa lainnya.

Baca Juga  Sandiaga Uno: Pacoa Jara, Magnet Pariwisata NTB yang Mendunia

“Kegiatan ini berlangsung atas inisiatif perangkat desa, meskipun kami dari kecamatan belum ada anggaran mengadakan pelatihan ini, namun staf desa sudah mampu melaksanakannya,” ujarnya.

Sementara itu, Satgas Siskudes Kabupaten Lombok Timur, Khairul mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk mempermudah perangkat desa bekerja ditahun mendatang.
Ia mengungkapkan bahwa sistem keuangan desa Siskudes tahun depan berbeda dengan tahun ini.

“Siskudes tidak lagi dikerjakan dengan laptop atau komputer, melainkan sistem androit. Sehingga pengerjaan sistem keuangan desa tahun depan bisa dikerjakan dimana saja hanya dengan android.

Baca Juga  Dikbud Lotim Respon Positif Aturan Pernikahan Dini Dikalangan Pelajar

“Tahun depan kawan-kawan tidak perlu menggunakan laptop untuk mengoperasikan siskudes, karena tahun depan lebih praktis hanya dengan android,” katanya.

Hanya saja kata Khairul, perangkat desa perlu menigkatkan kapasitas handphone saja dalam membantu menggunakan aplikasi Siskudes. (cr-hen)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar