Lakpesdam NU NTB Kunker ke PCI NU Malaysia

0
150

Malaysia, Warta Rinjani – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama Provinsi Nusa Tenggara Barat mengadakan silaturahim dengan Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama Malaysia, Rabu (25/19).

Kehadiran Lakpesdam NU NTB ke kediaman Ketua Tanfiziyah PCI NU Malaysia ustazd Muhammad Rois, Desa Mentari 2 PJS2 Blok 10 Kuala Lumpur, dalam rangka menggali informasi pengelolaan dan tumbuh kembang NU di negeri Upin dan Ipin itu. Selain itu, untuk menjembatani kepentingan warga NU yang berasal dari NTB supaya bisa terhubung dengan pengurus NU di Malaysia.

Ketua PCI NU Malaysia Ustazd Muhammad Rois mengatakan, saat ini pengurus NU Malaysia sedang fokus mengembangkan jaringan bisnis dan usaha Malaysia dengan Indonesia untuk menopang perkembangan NU di Malaysia. Selain itu, untuk memperkuat program pemberdayaan dan restrukturisasi NU diberbagai daerah yang ada di Malaysia. Termasuk menginisiasi pendirian pesantren sekaligus sebagai pusat kegiatan warga NU yang ada di Malaysia.

“Kebetulan kita mendapatkan tanah wakaf yang diwakafkan oleh sesepuh pendiri NU,” tambahnya.

Dari sisi kesejarahan, perkembangan NU di Malaysia tidak bisa dilepaskan dari relasi pesantren yang ada di indonesia. Banyak warga Malaysia yang menuntut ilmu pada pesantren yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Jawa Timur. Santri-santri inilah kemudian yang memiliki andil dalam pendirian NU di Malaysia.

Baca Juga  Pemprov NTB Ajak Masyarakat dan Influencer Dukung Sulis di LIDA 2021

Menurut Ustazd Rois, NU secara kelembagaan ada di Malaysia sejak tahun 1999. Saat ini NU Malaysia telah mendapatkan ijin operasional dari pemerintah kerajaan Malaysia sebagai sebuah organisasi keagamaan dengan sebutan “Pertumbuhan Nahdlatul Ulama Selangor Kuala Lumpur”.

Dalam perkembangannya, Nahdlatul Ulama di Malaysia kini semakin meluas dengan terbentuknya Pertumbuhan Nahdlatul Ulama Malaysia, yang diketuai oleh Kiai Faiz Hafizuddin yang pernah mondok di Jombang. Perkembangan NU di Malaysia kini ada di Kedah, Perak, Johor, Tanjung Malim dan lain-lain. Di sini juga sudah terbentuk Gerakan Pemuda Ansor, Muslimat, Pagar Nusa dan Fatayat NU, tambah pria yang saat ini masih menempuh studi di Universitas Malaya.

Pada moment silaturahim, Ketua LAKPESDAM PWNU NTB, Muhammad Jayadi, berharap kepada pengurus NU di Malaysia, dapat memberikan perhatian dan kesempatan kepada warga NTB yang ada di Malaysia supaya diajak dan difasilitasi menjadi bagian dari jamaah NU di Malaysia. Harapan ini muncul karena banyak warga NTB yang bekerja sebagai TKI, dosen, pelajar, mahasiswa dan lain-lain, tidak mengetahui ada NU di Malaysia.

Dimana mereka membutuhkan ruang dan media untuk mengembangkan dan memperdalam amaliyah mereka sebagai warga NU, melakukan silaturahim serta kerja-kerja sosial, kemanusiaan dan kemasyarakatan sebagai media penghidmatan dan mengembangkan diri. Dan yang lebih penting menjadi media menjaga warga NU di Malaysia dari pengaruh yang tidak baik seperti terpapar faham radikalisme, narkoba dan kegiatan buruk lainnya yang dapat merusak diri dan nama baik Indonesia pada masyarakat Malaysia dan sekembalinya ke tanah air.

“Pada konteks inilah kami berharap pengurus NU Malaysia dapat memfasilitasi dan melibatkan warga NTB untuk ikut andil dalam pengembangan NU di Malaysia,” pinta mantan Ketua PMII Mataram ini.

Baca Juga  Dituding Gelapkan Aset Partai H. Maidy : Saya Akan Lawan

Atas masukan tersebut, ketua PCI NU Malaysia sangat berterima kasih atas masukan yang diberikan oleh anak-anak muda NU dari NTB. Menurutnya, hal ini sangat baik dan penting, karena akan membantu dalam mengembangkan NU di Malaysia.

Melalui program ngopi bareng bersama warga NU, jajaran pengurus NU di Malaysia akan memfasilitasi keterlibatan warga negara Indonesia yang ada di Malaysia untuk terhubung dengan pengurus NU, tak terkecuali bagi warga NTB. Disamping itu program pengembangan ekonomi, pemberdayaan, pembentukan ranting dan inisiasi mendirikan pondok pesantren di Malaysia akan menjadi media untuk mengumpulkan warga NU dengan barbagai latarbelakang yang ada di Malaysia. (cr-pol)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar