Lendang Nangka Prioritaskan Program Pemberdayaan Desa

0
181

MASBAGIK, Warta Rinjani – Pemerintah Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur, akan memfokuskan program pemberdayaan masyarakat di tahun 2020 ini. 

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Lendang Nangka, L. Budi Sasmika mengungkapkan, selain pembangunan,  Lendang Nangka juga akan memprioritaskan pemberdayaan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia (SDM). 

“Untuk menjawab perkembangan zaman, ditahun 2020 kita fokuskan pemberdayaan dalam bentuk pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM),” kata L. Budi Zaskia didampingi Sekdes Hariman.

Disebutkan, kisaran dana desa yang digelontorkan untuk prioritas ini cukup besar, sekitar Rp. 300 juta. Ia yakin desanya akan maju jika diiringi dengan SDM yang unggul.

Demikian pula anggaran untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang sudah berjalan sejak dua tahun lalu. Termasuk pengelolaan sampah yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Baca Juga  Pemprov NTB Ajak Masyarakat dan Influencer Dukung Sulis di LIDA 2021

“Untuk pemberdayaan sendiri, kita anggarkan sekitar Rp. 300 juta, yang selanjutnya akan kita anggarkan juga untuk bumdes yang sudah berjalan sekitar 100 juta,” katanya.

Untuk mendukung programnya, pemerintah desa mengadakan kerjasama dengan Loka Latihan Kerja (LLK) Lombok Timur. Sejumlah pemuda dikirim untuk mengikuti pelatihan. Selain itu untuk pelatihan teknologi, peningkatan kapasitas kader dan lainnya, digelar di Aula antor desa. 

Secara terpisah, mantan Kades Lendang Nangka, Drs. Lalu Muhammad Isnaini mengungkapkan, dimasa kepemimpinannya ia telah melakukan program utama pembangunan dalam bentuk fisik. Namun, perhatian terhadap kualitas sumberdaya manusia dirasa lebih penting. Sebab, keunggulan SDM akan membawa dampak positif untuk desa.

Baca Juga  Bunda Niken Ajak Kader PKK NTB Maksimalkan Penggunaan Aplikasi SIP Posyandu

“Di masa kepemimpinan saya, prioritas utama pembangunan fisik, sehingga perkembangan SDM melamban. Oleh sebab itu, dialihkan prioritas pemdes untuk membangun SDM terlebih dahulu. Saya berharap kepada pemimpin selanjutnya agar melanjutkan program yang baik demi kemslahatan bersama,” jelasnya.(cr-hen)

Berita dan Photo : Hendri/Warta Rinjani
Keterangan Photo : “Suasana Pelatihan” Inilah suasana pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) yang dilaksanakan Pemdes Lendang Nangka.
Baca juga berita seputar Kecamatan Masbagik dan update berita terbaru dari Hendri/Warta Rinjani

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar