Lotim Lirik Rumput Laut Jadi Bahan Kosmetik

0
176
PELATIHAN: PT Indoraya Kristal Abadi ketika memberikan pelatihan menjadikan rumput laut sebagai bahan kosmetik bagi pelaku UKM di Lotim. (Hendri Setiawan/Warta Rinjani)

SELONG, Warta Rinjani—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Lombok Timur (Lotim) sadara betul jika potensi rumput laut yang dimiliki daerah ini sangat besar. Karena itu, dinas tersebut menggandeng PT Indoraya Kristal Abadi yang bergerak dalam bidang kosmetik.

Kepala Dinas Perindag Lotim, Hj Masnan mengungkapkan, dirinya sejak lama melirik potensi rumput laut yang mulai terlupakan oleh masyarakat. Selama ini rumput laut hanya dimanfaatkan bahan olahan makanan yang bernilai ekonomi rendah.

“Padahal rumput laut merupakan salah satu potensi alam yang bernilai ekonomi tinggi,” ucapnya, Kamis (20/2).

Lazim diketahui khalayak, terangnya, rumput laut selama ini dijadikan jajanan seperti pencok dan campuran makanan lain. Karena itu, pihaknyaa berinisiatif mengadakan pelatihan pengolahan rumput laut menjadi kosmetik, bekerjasma dengan PT Indoraya Kiristal Abadi.

Baca Juga  Dinas PTSP Lotim Tempati Posisi 3 Nasional

Kerjasama ini, jelasnya, dimulai dari UKM-UKM yang tersebar di Lombok Timur, terutama yang berada di wilayah pantai. Pihaknya mulai melatih beberapa UKM tersebut agar bisa memanfaatkan rumput laut lebih bernilai ekonomis.

Selanjutnya, Hj Masnan mengaku akan terus mengawal program pelatihan ini hingga betul-betul berhasil. Ia ingin masyarakat Lombok Timur mampu membuat industri kosmetik sendiri agar membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di wilayah pantai.

Hj Masnan juga membeberkan pangsa pasar yang diliriknya untuk membantu memasarkan kosmetik hasil karya lokal tersebut. Ritel modern akan digarapnya untuk menyebar produk Lombok Timur di kemudian hari. Selain itu, ia akan membantu pemasaran hingga ke tingkat nasional.

“Kita mulai dari UKM-UKM di Lombok Timur, sehingga nanti kita harapkan UKM akan menularkan ilmunya ke masyarakat. Untuk program ini kita harus betul-betul kawal hingga pangsa pasarnya nanti. Ritel modern misalnya, harus menerima produk kita,” tegasnya.

Baca Juga  Pemprov NTB dan BI Bersinergi Dorong UMKM Lokal Naik Kelas

Sementara itu, instruktur PT Indoraya Kristal Abadi, Sudirman mengungkapkan, pengalamannya selama 20 tahun bergelut dengan perusahaan kosmetik di Yogyakarta dirasa cukup menjadi bekal membangun daerah sendiri. Pria kelahiran Sumbawa tersebut tertarik membangun industri setelah melihat potensi alam yang tercecer tidak berkontribusi dengan baik. Salah satunya rumput laut. 

Dirinya memilih Lombok Timur sebagai lokasi industri kosmetik bukan tanpa alasan. Selain harganya murah, akses untuk mendapatkan rumput laut berkualitas sangat gampang. Sehingga ia yakin, percepatan produksi juga akan mudah dilakukan. 

“Kita pilih Lombok Timur karena akses untuk mendapatkan barangnya gampang. Selain itu juga murah,” ucapnya.

Tidak hanya rumput laut, Sudirman telah mempersiapkan pelatihan dengan menggunakan bahan lainnya di kemudian hari. Kedepan, jika ini berhasil, pihaknya akan melakukan pelatihan dari bahan yang berbeda,” ucapnya. (hen)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar