Maksimalkan Potensi Desa, Sukamulia Siap Garap Wisata

0
208

SUKAMULIA, Warta Rinjani–PemerintahDesa Sukamulia, Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur tengah memproyeksikan di ke arah pembangunan desa wisata. Hajatan ini ditegaskan setelah memetakan potensi di desa itu.

Pejabat sementara (PJs) Desa Sukamulia, Lalu Rahiman Amri SAp Menyatakan, agenda besar untuk membangun destinasi wisata di Desa Sukamulia lahir sejak 6 tahun yang lalu.  Di mana gambaran dan konsep pembangunan desa wisata diawali dari potensi desa yang dimiliki.

“Di desa ini cukup banyak sumber mata air. Potensi ini bisa diarahkan ke pembangunan wisata kolam renang dan kuliner,” ucapnya saat ditemui Warta Rinjani, beberapa waktu lalu.

Hanya saja, haja dalam kurun waktu enam tahun terakhir, potensi-potensi yang ada dinilai tidak maksimal dilirik. Baru kemudian pada tahun 2020 ini pembangunan menuju arah desa wisata menjadi prioritas pemerintah desa setempat.

Untuk memulai rencana itu, pihaknya telah memulai dari pemetaan lokasi. Sementara realisasi pembangunan baru bisa dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang.

Baca Juga  DPRD Setujui Dua Perda Pemkab Lotim Untuk Ditetapkan

“Di tahun 2020 kita khususkan untuk pemetaan potensi. Kemudian 2021 difokuskan menjadi desa wisata, sebab tahun 2019 kemarin sudah masuk tahap perencanaan,” jelasnya. 

Apa yang dilontarkannya ini disebutnya bukan sekeddar isapan jempol. Ini karena sebelumnya pihak desa sudah menggelar pertemuan dan diskusi terbatas dengan pihak ketiga.

Dalam diskusi itu, bebernya, pihak ketiga akan menggambar desain serta rencana anggaran dan biaya yang akan digunakan untuk mewujudkan rencana tersebut. Nantinya realisasi dari desain ini akan diupayakan direalisasi pada lahan pecatu milik desa.

“Ada lahan pecatu yang kita miliki di desa. Luasnya sampai 7 hektar,” jelasnya.

Meski membeberkan rencana tersebut, Rahiman sejauh ini mengaku belum melihat rencana desain yang ada. Hanya saja, diperkirakan anggaran yang akan dihabiskan jumlahnya tidak sedikit.

Baca Juga  Kabur Saat Pelatihan di BLKLN Jatim, CPMI Asal Lotim Alami Patah Tulang

Sementara itu, Badan Pengurus Harian (BPH) Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Sukamulia, Abdurrahman menyampaikan, ia merasa optimis Sukamulia bisa beranjak menjadi desa wisata. Terlebih kepala desa yang menjabat saat ini disebutnya memilki memiliki jaringan dan akses ke pemerintah daerah.

“kehadiran Pjs kepala Desa Sukamulia yang baru Insyaallah akan bisa mewujudkan desa wisata karena akses jaringan Kades ini sudah luar biasa sekali,” tegasnya.

Sementara itu, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sukamulia, Abdurrahim menyatakan, wacana pembangunan desa wisata sebenarnya sudah ada sejak dulu. Karena itu, ia memastikan masyarakat akan mendukung rencana tersebut.

“Wacana ini sudah lama. Sudah tepat pemerintah desa di bawah kepemimpinan pejabat sekarang ini mewujudkan Sukamulia menjadi desa wisata,” ucapnya.

Lebih jauh ia berharap kepada pemerintah desa agar segera mewujudkan rencana tersebut. Kedepan, apa yang diinisiasi di desa ini bisa menjadi rujukan bagi desa-desa lain.

“Saya berharap di bawah kepemimpinan beliau ini desa Sukamulia bisa menjadi rujukan desa-desa lain untuk mengembangkan potensi wisata maupun potensi desa yang dimilikinya,” tutupnya. (cr-yk)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar