Masbagik Timur Siapkan Rp 1,3 M Bangun Wisata Senayu

0
239

MASBAGIK, Warta Rinjani—Desa Masbagik Timur, Kecamatan Masbagik Lombok Timur (Lotim) terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Belakangan desa ini berinovasi membangun sebuah destinasi wisata berupa kolam renang.

“Kolam renang yang akan kita bangun ini namanya Senayu. Kita akan anggarkan Rp 1,3 miliar,” ucap Kepala Urusan Pemerintahan Desa Masbagik Timur, Rusnan Robi Selasa (28/1).

Anggaran sebanyak itu, terangnya, akan diesksekusi pada tahun 2020 ini. Dibangunnya wisata kolam renang lantaran di desa ini cukup banyak mata air.

Nyaris semua mata air yang ada disebutnya berair jernih. Ia yakin dengan kondisi ini, para pengunjung di obyek wisata yang akan dibangun bisa merasa betah dan tidak rugi datang.

Tujuan dibangunnya kolam renang ini, terangnya, agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Di lain sisi, lewat obyek wisata ini diharapkan bisa mendongkrak pendapatan desa.

Baca Juga  Soal Perekrutan Anggota BPPD, Ketua DPRD Lotim Kembali Ingatkan Dispar

“Kolam renang ini kalau sudah jadi, pengelolaannya akan kita serahkan ke Bumdes,” paparnya.

Andai proyek ini dilanjutkan pengerjaannya, jelasnya, ia memastikan Desa Masbagik Timur akan memiliki tambahan aset untuk meraup pendapatan asli desa. Ini karena sumber pendapatan desa awalnya hanya memiliki gedung serbaguna dan mobil pengangkut sampah.

Robi menyadari, pendapatan desa tidak serta merta tetap mengandalkan dana desa yang sudah ada. Ia yakin dengan terus berinovasi akan dapat membuat kemajuan dan kesejahteraan di desa itu meningkat.

“Kalau semua ini berjalan otomatis PAD yang akan kami miliki semakin besar,” sebutnya.

Pengerjaan proyek kolam renang Senayu, bebernya, dipastikan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pihaknya memberikan kewenangan penuh pada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) bekerja sesuai dengan master plant yang sudah dibuat. 

Baca Juga  Gubernur NTB Ajukan Pengembangan Geopark Tambora ke Menparekraf. Bang Sandi : 'Kami Siap Support'

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Masbagik Timur, Tafaul Khair mengatakan, jika proyek itu dikerjakan, harus ada upaya mengkaji ulang kebijakan tersebut. Ini dikarenakan pihakanya tidak ingin dana desa terkonsentrasi pada satu jenis pembangunan saja.

“Jangan dana desa kita hanya terserap di satu tempat saja. Efektif tidak dana yang dikucurkan untuk digunakan pada satu program,” katanya.

Tafaul menyebutkan, tidak bisa memakai dana desa harus habis-habisan. Mengingat pariwisata saat ini jadi perhatian seluruh daerah terutama di NTB.

Dikatakan Tafaul, sekarang Dana Desa Masbagik Timur berjumlah Rp 2 miliar. Namun sudah dialokasikan 1,3 miliar untuk membangun destinasi wisata Senayu.

“Dari Rp 700 juta tersebut belum dimasukkan insentif Kaur desa dan kebutuhan kantor, wilayah Masbagik Timur ini luas, dan masih sangat membutuhkan perbaikan fasilitas yang lain terutama rabat jalan dan pemberdayaan,” jelasnya. (cr-yk)

Berita & Photo : Istimewa/Warta Rinjani
Berita Photo : “MASTER PLAN”Inilah master plan rencana pembangunan wisata kolam renang Senayu di Masbagik Timur.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar