Masbagik Utara Siapkan Diri Jadi Desa “Idaman”

0
136
Kepala Desa Masbagik Baru Utara, Khairul Ikhsan. (Hairul Subawaih/Warta Rinjani)

MASBAGIK, Warta Rinjani—Pemerintah Desa Masbagik Utara Baru, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur melakukan pembenahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Selain tercatat sebagai kampung Keluarga Berencana Desa tersebut juga tengah menjalankan program yang menjadi inovasi desa, yakni IDAMAN (Indah Damai Aman dan Nyaman).

Kepala Desa Masbagik Utara Baru Khaerul Ikhsan menyebutkan, konsep desa “Idaman” yang diambil ialah merupakan cita-citanya sebagai jargon utama desa . Pada awal pemekaran, Desa Masbagik Utara baru paling terisolir dari desa yang lainnya.

“Setelah dinobatkan menjadi desa definitif pada tahun 2010 yang lalu. Sejak saat itulah kita mengambil sikap, dan berinovasi menjadikan jargon desa ini sebagai Desa IDAMAN,” sebutnya.

Sebagai kepala desa pertama dan memegang kendali roda pemerintahan, dia ingin dikenang sejarah dalam memajukan desanya. Bersama seluruh perangkat desa, dia memikirkan berbagai inovasi  agar cepat menangangkat nama desa.

Baca Juga  H. Rumaksi : PAD Lotim Belum Sesuai Harapan

“Karakter masyarakat mayoritas muslim dan petani sehingga suasana alam masih asri dan alami,” katanya.

Khaerul menjelaskan, konsep Desa Idaman,sebenarnya sudah masuk ke semua sendi-sendi kehidupan masyarakat. Gotong royong, kebersamaan dan nilai-nilai kearifan lokal masih terjaga.

“Dari dasar itulah saya mengambil inisiatif untuk menjadikannya desa IDAMAN (Indah, Damai, Aman dan Nyaman),” katanya.

Khaerul mengatakan, siapapun yang masuk desa ini, akan betah  berkunjung. Kemudian kata  “aman” maksudnya tidak pernah terjadi konflik-konflik baik di internal masyarakat sendiri.

“Apapun bentuk konflik yang pernah ada. Baik skala kecil maupun skala besar langsung diatasi oleh masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Sementara “nyaman”, jelas Khaerul, artinya enak untuk setiap warga pendatang dan siapa saja yang mau berumah atau tinggal, betul-betul merasa nyaman. Tidak terusik oleh situasi dan keadaan yang mengganggu.

Baca Juga  Berdayakan Ekonomi Mustahiq, Baznas Lotim Gandeng Instansi Pemerintah

“Konsep ini dari tahun 2011 sejak saya baru menjabat jadi kepala desa dan jargon itu menjadi semangat saya dalam membangun desa agar semua bisa tercapai,” sebutnya.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa Masbagik Utara Baru Dedi Rahman memberikan apresiasi terhadap program pemerintah desa.Menurutnya,program-program yang telah dijalankan sejak sepuluh tahun masa kepemimpinannya. Sebab “Idaman” ini merupakan sebuah cita-cita bapak kepala desa dalam membangun desa ke depan.

“Jadi misalkan ada hal-hal yang kurang berkenan terhadap masyarakat. Langsung dilakukan pendekatan secara persuasif dan musyawarah,” katanya.

Dikatakan Dedi, bahwa hal-hal yang lain menjadi PR-nya bersama bersama pemerintah desa. 

“Kita dari badan permusyawaratan desa tetap akan mengawal semua kebijakan dari bapak kepala desa,” katanya.

Dedi menambahkan, untuk kata “indah”, pihaknya sudah mendiskusikannya bersama pemerintah desa.Tahun 2021 nanti, potensi desa, seperti wisata Pancor Kopong dan wisata kuliner yang ada akan menjadi fokus pembenahan.

“Intinya kami mendukung semua kegiatan desa. Sejatinya sebuah desa dikatakan maju ketika kriteria capaian nya berhasil,” katanya. (yk)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar