Mata Air Harapan Ekonomi Masyarakat Lenek Baru

0
252

LENEK, Warta Rinjani–Sebuah desa biasanya dapat menjadi desa wisata apabila memiliki potensi mata air atau pantai. Salah satu diantaranya dimiliki oleh Desa Lenek Baru, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur.

Salah satu titik mata air yang dimiliki desa ini terletak di Dusun Jurit Buangka. Mata air ini memiliki debit yang cukup besar.

Sekertaris Desa Lenek Baru, Zuriah mengungkapkan, pemerintah desa sejak lama melirik potensi mata air tersebut. Konsep dan penataan telah disiapkan untuk menarik minat wisatawan mengunjungi mata air itu. 

Baca Juga  SMSI Temui MPR RI: Soal Penembakan Wartawan, Komnas HAM Perlu Bentuk Tim Pencari Fakta

“Tapi kita masih terkendala anggaran untuk mewujudkan harapan masyarakat agar mata air ini bisa menjadi obyek wisata,” ujarnya kepada Warta Rinjani, beberapa waktu lalu.

Zuriah menjelaskan, saat ini desanya baru sanggup menganggarkan Rp 350 juta untuk mendukung realisasi pembangunan wisata tersebut. Sehingga pemerintah desa saat ini masih baru membangun infrastruktur untuk mengakses jalan menuju lokasi dari jalan utama.

Baca Juga  Kapolda NTB Nilai Kapolres Lotim dan Jajaran Gagal Tegakkan Hukum

Zuriah yakin dengan adanya destinasi wisata, masyarakatnya akan mengalami pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Lewat sektor pariwisata ini pula ia berharap ada pendapatan tambahan bagi desa.
Selepas menyelesaikan infrastruktur jalan pada tahun ini, jelasnya, pihaknya akan melanjutkan pembangunan ke tahap berikutnya. Karena itu, proses penataan wisata mata air ini akan dilakukan bertahap. (hen)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar