Mutasi Pejabat Lotim Sisakan Pertanyaan

0
583

LOMBOK TIMUR – Mutasi sekaligus pelantikan pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur, Selasa (25/5) menyisakan pertanyaan beragam.

Pelantikan sebanyak 62 pejabat eselon II dan III bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, Drs. HM. Juaini Taofik, MAp, sebuah keniscayaan sebagaimana konsekuensi dari UU No. 22 tahun 1999 yang disempurnakan dengan UU No. 23 tahun 2014.
Tentunya, seluruh perangkat daerah itu merupakan pembantu kepala daerah dalam menjalankan kewenangan sebagai pimpinan daerah.

“Dalam setiap pelantikan dan perubahan posisi jabatan pasti menyisakan pertanyaan-pertanyaan. Pertama, kenapa saya dipindah dan kenapa dirotasi,” ucap Sekda Lotim HM. Juaini Taofik saat melantik pejabat diruang lobi kantor Bupati Lombok Timur.

Baca Juga  Hari Donor Darah se Dunia : UTD Dapat Mensuplai Kebutuhan Darah di Lotim

Menurut Sekda, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merasa optimis dengan jabatan yang diembannya saat ini, pasti akan berpikir bagaimana cara berbuat dan menjalankan sesuai dengan job discription yang telah diatur dalam perbup atau Perda.

Namun yang terpenting kata dia, pejabat yang baru atau yang sudah direvitalisasi hari ini memiliki semangat menjalankan tupoksi-nya secara maksimal.

Mengutip pernyataan Presiden RI Joko Widodo, Sekda Lotim menyebutkan bahwa secara teori ASN merupakan sebuah profesi.Tetapi, faktanya tidak sekedar sebagai profesi melainkan sebagai agen perubahan dan Abdi masyarakat atau abdi negara. Tentunya tugas ASN jauh lebih kompleks nilai-nilainya dibanding profesi-profesi lainnya.

Baca Juga  Buka Prodi Dokter Spesialis, Wagub NTB Apresiasi FK UNRAM

“Silakan pejabat lama mengkomunikasikan tugas-tugas transisi kepada pejabat baru.
Sebagai ketua korpri kita semua ini bersaudara,” akunya.

Peristiwa pada hari ini adalah hal yang lumrah dilakukan, karena ada masanya saling menukar posisi.
Dia berharap, jangan ada yang terlalu senang dan jangan pula ada yang terlalu pesimis apalagi susah. Semua seperti roda berjalan. Hari ini bisa diganti, esok harinya juga mengalami hal serupa. (wr-dy)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar