Nilai Investasi Lotim Masih Bertahan di Tengah Pandemi Corona

0
124
Kepala DPMPTSP Lotim, Muksin. (Hendri/Warta Rinjani)

SELONG, Warta Rinjani—Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lombok Timur tidak ingin lengah terhadap dampak pandemi Covid-19. Terlebih wabah tersebut telah menyerang seluruh sektor penting penyumbang pendapatan daerah.  

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lotim, Muksin mengatakan, wabah covid-19 dikhawatirkan akan berpengaruh secara signifikan terhadap nilai investasi di daerah ini tahun 2020. Beruntung hingga saat ini nilai investasi masih dikategorikan masih normal dari target Rp 400 miliar.

Muksin mengaku, dampak wabah corona terhadap penurunan nilai investasi mungkin saja dapat terjadi. Lebih-lebih Lombok Timur diketahui sudah merasakan dampaknya secara riil diberbagai sektor. Salah satunya sektor pariwisata yang juga merupakan program utama Pemprov NTB.

Baca Juga  Bahas PDAM, LSM LIRA -Anggota Komisi III, Bersitegang

Beruntung pada sektor perikanan dan peternakan masih mampu menyelamatkan nilai investasi Lombok Timur hingga saat ini.

Muksin mengaku, investasi di Lotim sempat mengalami kesulitan mempertahankan laju nilai investasi pada situasi pandemi covid-19. Lebih-lebih beberapa arus keluar masuk menuju NTB ditutup sementara oleh Menteri Perhubungan RI.

“Untuk mempertahankan nilai investasi pada situasi covid-19 ini cukup sulit. Apalagi adanya regulasi yang  Menhub RI beberapa waktu lalu yang emnutup seluruh akse jalur  transportasi,” papanya, kepada Warta Rinjani, Selasa (12/5).

Selama pandemi pihaknya tidak ingin lengah mempertahankan nilai investasi akibat wabah covid-19. Ia telah menyiapkan sejumlah program terkait investasi pasca pandemi.

Diakuinya, sebanyak 30 investor dalam satu triwulan telah masuk. Diperkirakan nilai investasi akan melejit  pasca pandemi diwaktu mendatang. Ia berharap, masa pendemi bukanlah suatu hal pokok yang menghambat laju investasi di Lombok Timur.

Baca Juga  Selain Somasi, ASITA Lotim Minta Rekrutmen BPPD Lotim, Diulang

Senada, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur, Murnan SPd mengatakan, Lombok Timur saat ini masih dapat mempertahankan nilai investasinya pada bidang tertentu. Ia menyebut investasi di bidang infrastruktur bangunan masih bisa jalan seperti pembangunan mall, Tambak dan bidang perikanan lainnya.  

Sebelumnya, nilai investasi diprediksi bakal menurun akibat pandemi covid-19 menjadi indikator terjadinya pergeseran nilai investasi Lombok Timur di kemudian hari.

“Saya kira kalau investasi di bidang infrastruktur bangunan masih bisa jalan seperti pembangunan mall, tambak dan bidang perikanan lainnya sangat memungkin untuk awal tahun ini karena begitu wabah selesai dan tahun depan mereka sudah bisa menjalankan usahanya,” ujarnya. (hen)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar