Pendakian Ditutup tapi Registrasi Dibuka

0
128

MATARAMWarta Rinjani â€“Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) telah merilis pengumuman penutupan sementara untuk pendakian. Penutupan tersebut sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan terburuk karena cuaca yang cukup ekstrem.

Kepala TNGR NTB, Dedi Asriady mengatakan, pihaknya tidak mau ambil risiko dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini. Penutupan ini dilangsungkan lantaran intensitas curah hujan cukup tinggi.

Penutupan pendakian ini rupanya membuat pihaknya tidak tutup mata lantaran tingginya animo pendaki untuk menaklukan gunung tertinggi ketiga di Indonesia ini. Terlebih aktivitas pendakian ini sangat digemari banyak wisatawan. Baik itu mancanegara dan domestik.

“Guna meningkatkan pengelolaan wisata pendakian Gunung Rinjani, Balai TNGR akan melakukan penutupan rutin jalur pendakian Gunung Rinjani, mulai tanggal 01 Januari sampai dengan 31 Maret 2020,” ujar Dedi Asriadi, belum lama ini.

Baca Juga  Selain Somasi, ASITA Lotim Minta Rekrutmen BPPD Lotim, Diulang

Ia juga mengungkapkan bahwa kebijakan menutup jalur pendakian Gunung Rinjani setelah mempertimbangkan berbagai alasan dengan mengundang berbagai institusi yang berkompeten. Diantaranya, Dinas Pariwisata NTB, Dinas LHK NTB, Jajaran Polres Loteng dan Lotim, Kodim Loteng dan Lotim, Basarnas Mataram, PVMBG, BMKG dan lainnya.

Penutupan ini dilakukan dengan mempertimbangkan informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Lombok Barat. Dalam informasi itu menyebutkan bahwa pada bulan Januari sampai dengan Maret 2020 terjadi cuaca ekstrem.

Baca Juga  Bahu Jalan Wisata Pantai Labuhan Haji Ambrol

Praktis, direkomendasikan dilakukan penutupan kegiatan wisata pendakian pada rentang waktu tersebut.  Namun, registrasi wisata pendakian Gunung Rinjani masih dapat dilakukan dengan syarat, seluruh pelaku usaha wisata dan pengunjung berkomitmen mematuhi peraturan dalam SOP pendakian dan ketentuan lain yang telah disepakati bersama. 

“Nantinya, Balai TN Gunung Rinjani bersama para pihak akan melakukan peninjauan jalur pendakian sebelum dilakukan pembukaan wisata pendakian Gunung Rinjani guna memastikan keamanan kondisi jalur pendakian,” ujarnya.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar