Pengadangan Wujudkan Desa Satu Data

0
192

PRINGGASELAWarta Rinjani – Desa satu data adalah satu di antara berbagai inovasi yang akan dan sedang direncanakan oleh setiap desa. Di mana setiap rencana dan rancang gagasan sampai pelaksanaan akan melibatkan berbagai unsur, terutama pemuda.

Kepala Desa Pengadangan, Kecamatan Pringgasela Lombok Timur (Lotim), Iskandar menyebutkan, pihaknya sudah mulai merubah alur dan pola pemerintahan desa dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat secara terbuka menggali setiap potensi yang ada terutama sumberdaya manusia. Selain itu, program-program yang saat ini tengah  dilakukan adalah wujudkan desa untuk satu data.

“Itu kenapa kami merekrut 15 pemuda desa yang memiliki kompetensi dalam bidang IT, administrasi kependudukan dan jaringan,” ucapnya, Rabu (15/1).

Tim 15 ini, jelasnya, akan bertugas mendata semua potensi yang ada di desa. Baik jumlah penduduk, jumlah pengangguran, peta permasalahan serta potensi masing-masing wilayah.

Baca Juga  Selain Somasi, ASITA Lotim Minta Rekrutmen BPPD Lotim, Diulang

Dari hasil pendataan tersebut, pemerintah desa akan mengetahui secara pasti jumlah penduduk sebenarnya serta masalah-masalah yang sedang dihadapi. Khusus untuk data jumlah penduduk, agar benar-benar valid sesuai identitas warga.

Dengan validitas data kependudukan yang baik, lanjutnya, akan dijadi dasar melakukan berbagai inovasi yang tepat sasaran.

“Ini sebagai dasar menjadi langkah awal mewujudkan desa sesuai kearifan lokal,” jelasnya.

Kedepan Iskandar berharap hasil pendataan tersebut bisa mempermudah arah kebijakan desa agar tepat sasaran. Selain itu, bisa menjadi solusi efektif mempermudah pelayanan.

“Hasil pendataan ini akan dibuat dalam satu data desa dan menjadi acuan serta pedoman setiap program dalam mempermudah masyarakat dalam sistem pelayanan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekertaris Desa Pengadangan, Amrul Arahap MPd menyatakan, UU Desa nomor 6/2014 tegas memberikan kuasa atau wewenang kepada pemerintah desa menentukan kebijakannya dalam proses pembangunan. Harapannya, pembangunan yang dilakukan di tingkat desa bisa berjalan maksimal.

Baca Juga  Bahas PDAM, LSM LIRA -Anggota Komisi III, Bersitegang

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Sahrudin, mengapresiasi tujuan pemerintah desa dalam menciptakan Desa Satu Data. Sebab Ia menilai sudah saatnya desa berinovasi dalam memajukan pelayanan dengan sistem tersebut.

“Tepat sekali, karena sekarang semua sudah canggih dan bisa diakses dari rumah. Semua data kan di-online-kan sehingga masyarakat bisa meminta pelayanan dan pengaduan secara online,” ungkapnya. (cr-yk)

Photo dan Berita : Hairul Subawaih/Warta Rinjani
Keterangan : Pemerintah Desa Pengadangan siap mewujudkan desa satu data untuk memaksimalkan pelayanan.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar