Perpustakaan Desa Sepit Terapkan Sistem Jemput Bola

0
158
DIGEMARI: Perpustakaan desa sepit mulai banyak digemari warga lantaran fasilitas yang disediakan membikin betah pengunjung. (Sulpi/Warta Rinjani)

KERUAK, Warta Rinjani—Pemerintah Desa Sepit, Kecamatan Keruak Lombok Timur (Lotim) telah memiliki perpustakaan desa. Dalam operasionalnya, perpustakaan tersebut menerapkan sistem jemput bola.

Petugas Harian Perpustakaan Desa Sepit, Furqon Kom menjelaskan, sebagai petugas perpustakaan desa, ia keliling membawa buku ke setiap SD dan masyarakat sekitar. Ini dilakukan sebanyak 14 kali dalam sebulan.

“Saya ke sekolah terutama SD dan masyarakat yang melaksanakan posyandu. Kedua sasaran tersebut sudah 6 tahunan saya jalni,” ucapnya kepada Warta Rinjani, Kamis (27/2).

Kegiatan keliling ini disebutnya sebagai cara perpustakaan desa menjangkau masyarakat yang tidak tersentuh dengan buku dan pengetahuan. Ini dilakukan dengan sistem jemput bola demi menumbuhkan semangat baca masyarakat setempat.

Baca Juga  Berdayakan Ekonomi Mustahiq, Baznas Lotim Gandeng Instansi Pemerintah

Menurutnya, cara ini jauh lebih efektif dibanding cara lain. Dengan cara ini, perpustakaan desa langsung menemui warga agar sudi membaca.

Selama menjalani aktivitas sebagai petugas perpustakaan keliling, jelasnya, anak-anak sangat antusias. Tidak sedikit dari mereka mencari buku referensi terbaru. Jenis buku yang digemari terutama komik dan buku cerita lainnya.

“Buku yang banyak diminati untuk anak SD adalah buku dongeng. Sementara untuk masyarakat umum biasanya menggemari buku tentang pertanian, tata boga dan peternakan, jelasnya.

Baca Juga  Rekruitmen BPPD Tidak Transparan, DPRD Lotim Bakal Panggil Dispar

Selain jemput bola, perpustakaan ini juga menyediakan wifi di kantor desa. Petugas juga melaksanakan pelatihan-pelatihan seperti komputer demi meningkatkan minat pengunjung datang ke perpustakaan desa.

“Pelatihan seperti itu tujuannya untuk menambah keahlian adik-adik desa ini dan untuk memanfaatkan waktu pulang sekolah agar tidak sia-sia,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sepit, Sulhan SPdI mengaku  bangga terhadap pengurus perpustakaan desa. Ini karena dengan kerja keras dan semangat tinggi, perpustakaan desa tersebut selalu dinanti kehadirannya di tengah-tengah masyarakat.

“Dengan penuh kebersamaan dan sistem jemput bola, sehingga perpustakaan desa ini menjadi idola dan kedepannya makin maju,” ujarnya. (sul)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar