Pringgasela Selatan Promosi Mata Air Buling

0
175

PRINGGASELA,Warta Rinjani—Pemerintah Desa Pringgasela Selatan, Kecamatan Pringgasela Lombok Timur (Lotim) tidak mau ketinggalan dengan desa-desa lain menjadi desa wisata.

Pringgasela Selatan bertekad menjadi desa wisata karena memiliki dukungan potensi alam. Salah satunya yakni mata air Buling.

“Akan kita kelola mata air Buling ini sebagai sumber pendapatan desa,” ungkap Kepala Desa Pringgasela Selatan, Muzakkir, kepada Warta Rinjani, Selasa (4/2).

Demi memuluskan itu, pihak desa akan membuat peraturan terkait sistem pengelolaan mata air tersebut. Kedepan, mata air dihajatkan sebagai aset desa yang bisa mendatangkan pendapatan untuk kesejahteraan warga sekitar.

Saat ini, keberadaan mata ir tersebut masih dalam promosi. Pihak desa belum sepenuhnya mengelola sumber daya tersebut.

Baca Juga  Warga Kembang Kerang Daya Terima Bantuan Mahyan dan Jamban Keluarga

“Tahap awal kemarin, kita menganggarkan Rp 50 juta untuk penataan kawasan mata airnya. Kita juga membuat dua buah kolam agar kelihatan indah dan bagus,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga membuat fasilitas ruang ganti dan MCK. Dari semua infrastruktur yang dikerjakan ini anggarannya Rp 150 juta. Rencananya, anggaran sebanyak ini akan dialokasikan tahun ini.

Muzakir juga menegaskan, di sekitar lokasi juga nantinya akan dibangun lapak tempat berjualan para pedagang. Lapak dibangun agar para pedagang yang berjualan tidak menimbulkan suasana yang sengkarut.

Baca Juga  Perekonomian Lotim Turun Tapi Masih Dalam Zona Aman

Harapannya dengan pengelolaan mata air ini, kedepan kunjungan akan semakin ramai. Baginya, dengan semakin ramai tingkat kunjungan akan semakin besar pula sumber pendapatan desa.

” Dulu sebelum kita tata kawasan mata air ini, ada juga yang datang, tapi kurang ramai,” jelasnya.

Sementara itu, warga Pancor Kopong bernama Aidil mengatakan, dengan adanya mata air ini bisa membawa manfaat besar bagi orang banyak. Manfaat ini khususnya akan dirasakan warga Pringgaaela Selatan.

“Kita apresiasi dan jempol untuk Pak Kades yang mau mengembangkan wisata mata air Buling ini. Kedepan bila sudah dikelola desa kita harap agar pemuda dilibatkan,” tegasnya. (cr-sul)

Sulpi/Warta Rinjani

MULAI DIKELOLA: Mata air Buling mulai dikelola dan direncanakan akan dibuatkan peraturan desa.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar