Pusuk Sembalun Longsor Lagi

0
181
Salah satu titik longsoran di Pusuk Sembalun

SEMBALUN, Warta Rinjani – Longsor di wilayah Pusuk, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, terjadi sejak sore hingga malam hari, Selasa (11/2).Hingga Rabu (12/2), tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur dibantu TNI dan polisi bahu membahu  membersihkan areal tebing didaerah Pusuk, Sembalun.Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Lotim,  L. Rusnan mengungkapkan, curah hujan yang cukup tinggi sebagai salah satu penyebab terjadinya longsoran di sembilan titik atau dua kilometer dari arah Desa Sembalun.Material longsoran memenuhi badan jalan sehingga pengendara diminta untuk selalu waspada.
“BPBD Lotim masih bersiaga dilokasi mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor susulan. Kami dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa telah membersihkan areal lokasi longsor, walaupun pada malam harinya harus ditunda dulu,” ungkap Lalu Rusnan kepada Warta Rinjani, Rabu (12/2).Dia juga mengingat para pengguna jalan yang melintasi areal longsoran untuk berhati-hati dengan memperhatikan rambu-rambu peringatan yang terpasang.”Kami juga telah memasang sejumlah rambu peringatan disamping menempatkan sejumlah personil untuk berjaga-jaga jika terjadi longsor susulan,” katanya.
Titik longsoran masih menjadi perhatian serius BPBD, sebab tidak menutup kemungkinan curah hujan pada saat musim hujan ini cukup tinggi. Karenanya, tebing yang berada pada sisi kiri dan kanan badan jalan rawan longsor.Selain peralatan keselamatan dan alat berat, badan jalan juga telah dibersihkan untuk menghindari jalanan licin. (dy)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar