Putra Lotim Pemenang Duta Pendidikan

0
173
JUARA: Pemenang Duta Pendidikan NTB, Arman Hadi dan Ninda Fibri Yuisniawati kala berpose bersama. (Photo Special for Warta Rinjani)

WANASABA, Warta Rinjani—Pemilihan putra dan putri pendidikan NTB 2020 sudah digelar di Gedung Pemuda Selong, Lombok Timur, Minggu lalu (23/2). Di ajang ini tercatat dua putra asal Lotim keluar sebagai pemenang, yakni Arman Hadi.

Arman merupakan mahasiswa semeter 4 prodi Pendidikan Informatika di Universitas Hamzanwadi Selong.

“Saya tertarik karena saya ingin berbuat untuk dunia pendidikan khususnya NTB,” kata Aman Hadi, saat diwawancara Warta Rinjani, Kamis (27/2).

Ia mengatakan, jika dibandingkan dengan pendidikan di tiga negara yang pernah ia kunjungi, pendidikan di Indonesia, khususnya di NTB sangat jauh tertinggal.

Tiga negara yang dimaksud yakni Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Baca Juga  Polres Lotim Gelar Upacara Sertijab Perwira

Menurutnya, di ketiga negera tersebut pendidikan sudah maju pesat. Atas dasar itulah ia beralasan tertarik mengikuti kontes tersebut.

Menurut putra asal Desa Tembeng Putik ini, dengan terpilih sebagai Duta Pendidikan NTB, ia bisa berbuat lebih dari sebelumnya. Ia menyebutkan, di NTB masih ada wilayah yang masih sulit dijangkau oleh fasilitas pendidikan.

Sementara itu, pemenang kategori putri adalah Ninda Fibri Yuisniawati. Sosok ini adalah mahasiswi di Poltekes Mataram asal Pulau Sumbawa.

Ninda Fibri Yuisniawati mengatakan, motivasi awal mengikuti kontes ini karena ingin berkontribusi langsung terhadap perubahan pola pikir dan pendidikan yang ada di NTB. Kontribusi ini dihajatkan terutama untuk anak pendidikan formal dan anak berkebutuhan khusus (ABK) di pelosok.

Baca Juga  Dikes Lotim Usulkan Tambahan Tenaga Honda

“Saya fokuskan motivasi dan binaan karakter untuk ABK, pengenalan digital untuk anak pelosok agar ada pemerataan,” katanya.

Ia berharap, kedepan apa yang ia lakukan dapat menginspirasi orang lebih banyak dan mampu memberikan perubahan. “Walaupun tidak signifikan, tapi kontribusi berkelanjutan untuk masyarakat itu ada,” tandasnya. 

Terpisah, salah seorang Putri Pendidikan NTB 2019, Baiq Silviana Inta Dewi mengatakan, Duta Pendidikan 2020 ini menjadi magnet bagi pelajar dan mahasiswa. Bukan hanya menjadi pemenang, tapi ada hal yang riil dilakukan. 

“Saya berharap mereka jadi motivator pendidikan dan bisa melakukan hal nyata untuk dunia pendidikan,” tegasnya. (pol)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar