Sako dan Racana Pramuka Syeikh Zainuddin NW Anjani Gelar KMD

0
195
SUASANA KMD: Inilah salatu momen suasana KMD yang berlangsung di Ponpes Syaikh Zainuddin Anjani. (Hairul Subawaih/Warta Rinjani)

SURALAGA, Warta Rinjani–Masih banyak kendala dalam pengembangan kegiatan kepramukaan terutama di sekolah. Salah satunya adalah belum idealnya komposisi antara jumlah pembina dengan peserta.

Menyadari itu, Satuan Komando dan Racana Pramuka Syeikh Zainuddin NW Anjani menggelar Kursus Mahir Dasar, Selasa (18/2).

Ketua Panitia Kursus Mahir Dasar (KMD) Munawir Haris menyebutkan, dalam mewujudkan efektivitas pendidikan kepramukaan di sekolah, sangat membutuhkan pembina pramuka. Maka dari itu, pihaknya perlu melakukan langkah-langkah sistematis terpadu untuk meningkatkan jumlah pembina Pramuka yang berkualifikasi.

“Pembina Pramuka gugus depan dilatih dan dididik menjadi seorang yang kreatif, disiplin, dan bertanggung jawab,” jelasnya.

Baca Juga  IKLAN

Karena banyaknya rangkaian materi kepramukaan yang akan diikuti dalam kegiatan tersebut, ia berharap bisa mengembangkan keterampilan yang diperoleh setiap peserta.

“Kegiatan ini untuk memberikan bekal dan pengalaman praktis bagi pembina Pramuka melalui kepramukaan pada gugus depan di sekolah masing-masing,” sebutnya.

Secara khusus, kata haris, kegiatan itu bertujuan meningkatkan kemampuan pembina dalam melakukan pembinaan terhadap anggota di masing-masing gugus. Pembinaan tersebut terutama untuk mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial.

“Pembina sesuai golongan agar mampu berperan positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta menjadi panutan peserta didik dan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga  NTB Care, Wujud Keterbukaan Informasi Publik

Sementara itu, Ketua Sako Syaikh Zainuddin NW Lotim, Hairurrozak Hanafie menyebutkan, pelatihan ini merupakan sebuah keilmuan yang berjenjang. Karena itu, ia berharap para peserta mengikuti proses pelatihan sampai akhir.

“Para pembina pramuka serius mengikuti agar mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang mumpuni serta predikat kelulusan yang memuaskan,” sebutnya.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pramuka Cabang Lombok Timur Burhanuddin menyebutkan, dengan adanya pelatihan itu para peserta dan kader memiliki jiwa yang beriman dan bertakwa.

“Tetap memegang prinsip trisatya dan dasa dharma pramuka,” tutupnya. (yk)

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar