Saluran Irigasi di Montong Atas Sudah Diperbaiki

0
72

SELONG, Warta Rinjani—Kerusakan saluran irigasi yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lombok Timur di Dusun Montong Atas, Desa Montong Baan, Kecamatan Sikur telah diperbaiki. Kesigapan dari dinas ini patut diacungi jempol.

Kepala Bidang Pengairan Irigasi Dinas PUPR Lotim, Sosiawan Putraji mengatakan, saluran yang ambrol itu sudah diperbaiki. Perbaikan dilakukan tidak lama setelah pihaknya mendapat laporan.

“Sekarang sudah diperbaiki,” katanya kepada Warta Rinjani, Selasa (4/2).

Kerusakan, jelasnya, akibat pintu air di dekat saluran itu tidak dibuka. Seharusnya, jika pintu air dibuka potensi kerusakan bisa dihindari.

Baca Juga  Warga Kembang Kerang Daya Terima Bantuan Mahyan dan Jamban Keluarga

Putraji pun membeberkan saluran yang rusak itu masuk pada daerah irigasi (DI) Pelolat. Saluran ini dibangun bersama 4 titik saluran lainnya dari anggaran yang sama.

“Ada sekitar 5 titik dibuat saluran yang bersumber dari anggaran sebesar Rp 1 miliar,” jelasnya.

Secara teknis, bebernya, dari semua saluran yang dibangun tidak ada masalah. Buktinya, kerusakan hanya terjadi sekitar 5 meter di Dusun Montong Atas saja. Kerusakan ini disebabkan karena dinding saluran berhimpitan langsung dengan pematang sawah warga.

Bukan tidak mungkin, jelasnya, pematang yang menjadi sandaran dinding saluran tidak kuat lantaran pematang dipacul oleh pemilik sawah. Akibatnya, daya tahan dinding saluran patah.

Baca Juga  Hari Donor Darah se Dunia : UTD Dapat Mensuplai Kebutuhan Darah di Lotim

“Sudah kita ke lokasi dan perbaiki. Ternyata warga yang memgang kunci pintu air juga tidak membuka pintu air yang ada di sekitar kerusakan itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Salah seorang pemilik sawah yang terkena dampak pembangunan tersebut, Munawir menyatakan, proses pengerjaan pembangunan talut irigasi yang rusak itu seolah-olah dikerjaan asal-asalan. Padahal anggarannya begitu besar. 

“Pengerjaan proyek yang dilakukannya masih belum memenuhi standar sehingga bangunan cepat rusak. Coba lihat ini. Ini standar atau tidak cara pekerjaannya,” tunjuknya di lokasi. (qin)

Ist/Warta Rinjani

DIPERBAIKI: Kerusakan saluran irigasi di Dusun Montong Atas, Desa Montong Baan sudah diperbaiki Dinas PUPR Lotim.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar