Sampah Jadi Atensi Serius Pemdes Sukamulia Timur

0
162

SUKAMULIA, Warta Rinjani—Persoalan sampah belakangan ini menjadi persoalan serius yang dihadapi banyak pihak. Terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sukamulia Timur,  Kecamatan Sukamulia, Lombok Timur (Lotim) , M Syarif mengatakan, masalah sampah saat ini menjadi persoalan utama yang dihadapi masyarakat. Apalagi saat ini sudah masuk musim hujan.

“Dengan masuknya musim penghujan, maka persoalan sampah ini pasti akan semakin serius,” ujarnya, Kamis (2/1/2020).

Sampah, tegasnya, selalu menjadi biang kerok masalah. Salah satu dampak yang dimunculkan yakni bisa mengundang penyakit dan menyebabkan banjir.

Di kawasan Desa Sukamulia Timur sendiri, terangnya, akibat sampah ini tak jarang menutupi saluran irigasi. Buntutnya, air kerap kali meluber ke jalan raya dan mengganggu pengguna jalan.

Baca Juga  Pilkades Serentak di Lotim Akan Diikuti 122 Calon

Ia menjelaskan, sampah yang ada di kawasan pemdes Sukamulia Timur saja diakibatkan karena sampah kiriman. Parahnya lagi, prilaku masyarakat setempat yang membuang sampah sembarangan juga tak kalah pentingnya.

“Kalau warga kita biasanya membuang sampah di kebun-kebun milik tetangga yang berada dekat dengan jalan raya. Tapi sampah ini yang kerap kali hanyut setiap hujan datang dan menutupi saluran,” jelasnya.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah desa setempat menjadikannya sebagai program utama desa. Saat ini telah dicanangkan untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

Baca Juga  Kabur Saat Pelatihan di BLKLN Jatim, CPMI Asal Lotim Alami Patah Tulang

Untuk mendukung program ini, Pemdes Sukamulia Timur akan menganggarkan pengelolaan sampah serta membuatkan Peraturan Desa (Perdes). Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Lombok Timur  dalam tata kelola sampah yang baik. “Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, tentu kerjasama dari pemerintah daerah bagian lingkungan hidup sangat kita butuhkan,” terangnya. (cr-hen)

Berita dan Photo : Hendri/Warta Rinjani
Keterangan Photo : Akibat minimnya kesadaran, warga tak jarang membuang sampah di kebun tetangga.
Baca juga berita desa dan update berita terbaru lainnya dari Hendri/Warta Rinjani

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar