Santri TPQ Hidayatul Islam Gelar Gerakan Sedekah Sampah

0
136

MONTONG GADING, Warta Rinjani—Ada yang menarik dari gerakan sosial yang dilakasanakan anak-anak santri TPQ Hidayatul Islam. Santri TPQ ini menggelar kegiatan sedekah sampah.

TPQ yang terletak di Dusun Penyangkar Desa Peringga Jurang Utara, Kecamatan Montong Gading Lombok Timur ini melaksanakan program ini sebagai suksesor kegiatan Pemprov NTB, zero waste. Program ini mulai dicetuskan pada tahun 2017 silam sampai saat ini.

“Kita laksanakan program ini karena banyak warga setempat yang membuang sampah sembarangan,” kata Pembina TPQ Hidayatul Islam, Humaidi, Jumat (24/1).

Dalam program ini, jelasnya, santri-santri di TPQ ini diajak turun langsung ke lapangan untuk membersihkan sampah. Hajatan program ini disebutnya tidak lain untuk memberikan pemahaman kepada kepada masyarakat agar sadar dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga  Wabup Lotim : Tirulah Filosofi Maulana Syekh dan Presiden Soekarno

“Lewat program ini kita ajak masyarakat bersedekah sampah,”

Dengan adanya sedekah sampah ini, santri dan masyarakat sekitar TPQ menjadi tahu tentang mana sampah organik dan non organik. Selain itu, warga juga diajarkan cara mendaur ulang sampah yang ada.

Setelah santri dan masyarakat sekitar TPQ sudah paham, lanjutnya, pihak TPQ menyiapkan wadah. Wadah tersebut terdiri dari dua macam, yakni karung berisi sampah organik dan yang satunya karung untuk sampah non organik.

Baca Juga  Gubernur NTB Ajak Pemuda Lakukan Perubahan

“Biasanya kalau non organik itu berisi botol plastik minuman, itu yang kita jual. Dan hasil dari penjualan itu kita jadikan kas TPQ dan untuk intensif guru ngajinya setiap bulan,” tegasnya.

Sementara untuk sampah organik akan diolah menjadi pupuk kompos. Pupuk ini selanjutnya dipakai untuk pupuk tanaman di kebun santri yang lokasinya di sekitar TPQ. (cr-sul)
#
Berita & Photo : Sulpi/Warta Rinjani
Berita Photo “SEDEKAH SAMPAH” Para santri TPQ Hidayatul Islam ketika turun lapangan melaksanakan program sedekah sampah.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar