Semua Elemen Diminta Bersinergi Tuntaskan Rumah Tahan Gempa

0
111

SIKUR, Warta Rinjani—Jajaran Pemerintah Desa Sikur Barat, Kecamatan Sikur Lombok Timur menggelar rapat koordinasi terkait penanganan rumah tahan gempa (RTG). Rapat ini melibatkan fasillitator BPBD dan sejuimlah elemen lainnya.

Pantauan Warta Rinjani, Kepala Desa Sikur Barat, Zulpakarudin mengimbau agar semua yang terlibat dalam proses verifikasi dan validasi bantuan RTG harus bersinergi. Semua pihak diminta terlibat langsung terutama mengenai  data yang terkena dampak harus tepat.

“Kita semua elemen yang terlibat di dalamnya harus betul-betul verifikasi dan validasi data yang sebenarnya. Peruntukan RTG ini juga harus orangnya betul-betul membutuhkan,” ucapnya, Selasa, (28/1).

Ini disampaikannya lantaran tidak semua rumah yang kena dampak mengalami rusak berat. Di desa ini disebutnyada 2 unit rumah rusak berat, rusak sedang 45 unit dan rusak ringan 12 unit.

Baca Juga  SMSI Temui MPR RI: Soal Penembakan Wartawan, Komnas HAM Perlu Bentuk Tim Pencari Fakta

Masih kata Zulpakarudin, semua elemen harus bekerja dengan prosedur dan jangan mengharapkan upah dulu. Dengan demikian, pekerjaan bisa berjalan lancar dan tepat sasaran.

“Karena sudah ada aturannya, sehingga kita benar dalam pendataan, siapa orang yang betul-betul berhak dan membutuhkan. Yang didahulukan untuk divalidasi untuk cepat dibangunkan rumah, dan ini ada payung hukumnya sudah jelas sehingga bisa sukses, maksimal dan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, Fasilitator RTG Burhanudin menyampaikan, validasi data penerima harus betul-betul terverifikasi dengan baik. Bukti validasi dapat dilengkapi berupa foto keadaan rumah korban. Dengan begitu akan diketahui kebutuhan biayanya.

Baca Juga  Pemprov NTB Tuai Pujian Konsil Kedokteran Indonesia

“Kita yang terlibat dalam hal pendataan harus betul-betul tepat sasaran dan yang sangat membutuhkan. Seperti ibu hamil, tapi kena gempa dan lainnya,” jelasnya.

Burhanudin menekankan kepada petugas verifikasi agar betul-betul mendata yang kena gempa. Tujuannya agar data itu benar apa adanya dan bisa dipertanggungjawabkan.


“Intinya penerima bantuan rumah itu orang yang betul-betul membutuhkan. Sehingga sasarannya tepat dan tidak bermasalah di kemudian hari,” paparnya. (cr-sul)

Berita & Photo : Sulpi/Warta Rinjani
Berita Photo : “RAKOR” Jajaran Pemdes Sikur Barat menggelar rapat koordinasi terkait validasi penerima RTG.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar