Serap Produk Warga Lewat Bumdes

0
338

MONTONG GADING, Warta Rinjani—Roda ekonomi masyarakat Desa Kilang, Kecamatan Montong Gading Lombok Timur (Lotim) relatif membaik sejak didirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) oleh pemerintah setempat. Betapa tidak, berbagai jenis produk dan komiditi yang dihasilkan warga bisa terserap lewat Bumdes tersebut.

Warga yang mendiami desa ini rupanya menekuni berbagai pekerjaan. Ada petani, pedagang, industri rumahan dan berbagai jenis pekerjaan lainnya.

Sekretaris Desa Kilang, Suherman SPd mengatakan, di desa ini sudah terbentuk Bumdes. Tujuan Bumdes dirikan untuk bisa meningkatkan ekonomi masyarakat saekitar.

“Bumdes ini terutama dihajatkan untuk masyarakat kita yang menjadi pengrajin, ternak ayam dan lain sebagainya agar bisa menampung hasil ternak dan hasil kerajinan mereka,” ujarnya, kepada Warta Rinjani, belum lama ini.

Baca Juga  Masyarakat dan Investasi Harus Menemukan Win-Win Solution

Latar belakang didirikannya Bumdes, terangnya, karena pemerintah desa melihat masyarakat di sini memiliki banyak potensi. Tidak sedikit dari mereka menjadi pengrajin ketak, tas gandek dari bambu dan ternak ayam.

Di Bumdes ini, jelasnya, ada unit-unit usaha seperti penyewaan molen dan UKM Mart. Hanya saja penyewaan molen ini disebutnya tidak berjalan.

Bumdes yang sudah Lama terbentuk ini dirasa sangat bermanfaat terutama untuk ekonomi masyarakat. Ini terlihat dengan semakin meningkat perekonomian warga.

“Tapi saat ini yang berjalan hanya unit UMK, disebabkan Bumdes selama ini berjalan kurang maksimal,” terangnya.

Baca Juga  Pemprov NTB Ajak Masyarakat dan Influencer Dukung Sulis di LIDA 2021

Karena tidak maksimal, ia pun lantas berinisiatif mengambil alih pengelolaannya. Ssejak itu, Bumdes ini menjual berbagai macam kebutuhan pokok, seperti makanan ringan, anyaman tas, telur ayam kampung, ATK dan mesin foto copy,” ungkapnya.

Suherman sangat mengharapkan unit ini bisa lebih maju dan mendatangkan manfaat untuk ekonomi masyarakat. Dengan pengelolaan di bawah tangannya, ia ingin masyarakat lebih diberdayakan dan penghasilan dari Bumdes ini sebagai pemasukan desa.

“Pendapatan kita dari UKM mart sekitar Rp 300 ribu per hari. Rencana kedepan kita ingin usaha banner untuk lebih banyak penghasilannya,” tutpnya. (cr-sul)

Sulpi/Warta Rinjani

SEMAKIN MAJU: Bumdes Desa Kilang dari hari ke hari terus mengalami kemajuan berkat keseriusan para pengelolanya.

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar