Siti Maria Ulfa Jadi Duta Mahasiswa Berprestasi

0
243
BERPRESTASI: Inilah salah satu mahasiswa dari Unhaz Selong, Sitia Maria Ulfa yang memiliki prestasi bagus.

SELONG, Warta Rinjani—Mengasah diri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengikuti berbagai kontestasi, baik level daerah sampai dengan level internasional. 

Hal ini telah dibuktikan seorang dara cantik yang tercatat sebagai mahasiswi semester VI pada Prodi Sosiologi di Universitas Hamzawadi (Unhaz) Selong. 

“Berbagai kontes yang saya ikuti ini tujuannya untuk mengasah diri dan meningkatkan pengetahuan,” kata Siti Maria Ulfa, Selasa (11/2).

Berbagai ajang yang ia ikuti, jelasnya, tujuannya hanya untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan, skill dan pengalaman. 

Secara pribadi, jelasnya, sebenarnya ia hanya hobi dalam menulis dan mengarang puisi atau novel. Namun, berkat kegemarannya itu ia mengikuti berbagai kontes. 

Di antara yang ia ikuti adalah kontes menulis syair puisi nasional tahun 2019 lalu. Tidak tanggung-tanggung ia menyabet gelar penyair terbaik saat itu. 

Dari berbagai kontes yang diikuti, jelasnya, memiliki tantangan yang berbeda-beda. Namun demikian, ia mengaku sangat menikmati semua tantangan yang ada.

“Selain ikuti kontes, saya tidak ingin melupakan nilai akademis,” jelasnya.

Baca Juga  Pemprov NTB Ajak Masyarakat dan Influencer Dukung Sulis di LIDA 2021

Ia mengatakan, saat ini ia sedang mengikuti seleksi duta mahasiswa berpestasi tingkat nasional yang diadakan oleh The Platinum Skills Indonesia. Ajang tersebut diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. 

Awalnya, ia sempat ragu lantaran kemampuan yang ia miliki. Namun ragu itu hilang ketika dukungan datang dari berbagai arah. 

Ia menyebutkan, dukungan itu datang pertama kali dari kedua orang tuanya. Atas dukungan tersebut ia langsung menyampaikan berkas pendaftarannya untuk mengikuti selesksi pertama. 

Dua minggu setelah berkas masuk, katanya, diantara 107 orang dinyatakan lolos seleksi. Ternyata, katanya, ia adalah salah satunya yang lolos pada tahap octofinalis. 

Ulfa mengatakan, sekarang ia sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti quarter finalis pada ajang tersebut. Untuk bisa lolos pada tahap ini, ia harus membuat konten video dengan syarat yang telah ditentukan oleh pihak penyelnggara dan akan diumumkan pada 15 Februari mendatang. 

Setelah ini, katanya, dari 107 orang yang mengikuti, yang akan bisa masuk final hanya 30 orang. Ajang final akan digelar pada bulan Maret mendagang di Bali. 

Baca Juga  Dispora Lotim Berikan Penghargaan Bagi Pemenang Pemuda Pelopor

Ia mengatakan, ia sangat mensyukuri ia bisa ikut seleksi pada ajang tersebut. Selain itu, katanya, ia juga mendapat dukungan dari teman dan mendapatkan suport dari kampus. 

“Untuk itu tidak ada alasan bagi saya untuk terus melakukan yang terbaik di setiap tahapannya. Semoga saya bisa masuk ke final,” katanya. 

Terpisah, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi (Unhaz) Selong, Dr. Fahrurrozi mengatakan, semua mahasiswa berprestasi yang mengkuti kontes didukung penuh oleh kampus baik secara moril maupun materil. 
“Melihat banyaknya mahsiswa berprestasi di kampus, sekarang kampus menyediakan satu lembaga yakni unit pembinaan mahasiswa berprestasi. Lemabaga ini dihajatkan untuk meningkatkan skill dan SDM mahasiswa Unhaz terutama yang betprestasi,” tandasnya. (cr-pol) 

Terimakasih, Silahkan diskusi di kolom komentar